Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, Tempat Wisata

Tempat Wisata di Kepulauan Mentawai

Di bawah ini adalah catatan awal tentang Tempat Wisata di Kepulauan Mentawai. Kepulauan Mentawai, yang berada di Samudera Hindia, masuk dalam wilayah Sumatera Barat. Kepulauan Mentawai dihuni oleh Suku Mentawai yang senang mentato sekujur tubuhnya. Pulau yang besar adalah Pulau Pagai Utara, Pulau Pagai Selatan, Pulau Sipora dan Pulau Siberut.

Dengan kapal motor, membutuhkan waktu 10-12 jam dari Kota Padang untuk sampai ke Pulau Siberut, pulau terbesar di Kepulauan Mentawai. Perjalanan ke Siberut bisa sulit dan berbahaya karena ombak besar, terutama pada Juni dan Juli. Pasca Tsunami yang melanda Kepulauan Mentawai pada 25 Oktober 2010, info tempat-tempat wisata di bawah ini bisa tidak akurat, karena mungkin telah mengalami perubahan.

Tempat Wisata di Kepulauan Mentawai


Air Terjun Bat Soumang

Dusun Bulasat, masih sangat alami, letaknya di pedalaman dikelilingi hutan rotan dan pohon besar, airnya cukup deras dan berbahaya.

Danau Rua Oinan

Dusun Saumanganyak, di tengah hutan, berbentuk muara dikelilingi pohon besar, dan pohon sagu.

Kulu Kubuk

Desa Madobak, ditempuh dengan speedboat selama 4 jam, terkenal dengan pemandian alamnya yang sejuk.

Pantai Awera

Pulau Awera, tepat di depan ibukota Tuapejat, sesuai untuk snorkeling dan diving dengan alam bawah laut yang dihias bermacam karang dan ikan.

Pantai Bulasat

Dusun Bulasat, pantai berpasir putih, 2,5 jam dari kecamatan dengan kendaraan roda empat atau motor melewati perbukitan.

Pantai Karamajat

Desa Katurei, Pulau Karamajat, dengan ombaknya 2-4 meter dan gulungan ombak sangat panjang.

Pantai Karoniki

Pulau Koroniki, Kecamatan Siberut Selatan, satu jam dengan speedboat dari kota kecamatan, dengan gulungan ombak tinggi, tebing-tebing terjal untuk panjat tebing.

Pantai Katiet Bosua

Dusun Katiet, Desa Bosua, Kecamatan Sipora, 4 jam dengan speedboat dari Tuapejat, dengan gulungan ombak sempurna berketinggian 3-4 meter.

Pantai Nyangnyang

Kecamatan Siberut Selatan, 2 jam dengan speedboat dari kota kecamatan, ombaknya konon tertinggi di dunia.

Pantai Pokai

Desa Simalegi, 3 jam dengan speedboat dari kota kecamatan, memiliki ombak dan pemandangan indah, dan ada pulau lain yang berjarak 5 menit dengan bersampan.

Pantai Siruso

Pulau Siruso, dengan air laut jernih, dan pantai berpasir putih, yang menyenangkan untuk berenang berlama-lama.

Teluk Sinakak

Desa Sinanak, 3 jam dengan speedboat dari kecamatan, merupakan tempat terbaik untuk melihat panorama saat matahari tenggelam.


Festival di Kepulauan Mentawai


Festival Pesona Mentawai

Festival budaya tradisional yang unik di Mentawai dengan budaya tato tertua di dunia.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Januari 19, 2018.