Blogger: Back to Top Tanpa Java Script

November 19, 2017. Label:

Tulisan ini hendak berbagi cara membuat tautan atau link back to top tanpa Java Script di Blogger, yang juga bisa dilakukan di WordPress self hosted karena kode perintahnya bersifat umum, meski perlu sedikit penyesuaian. Ada sejumlah cara lain untuk membuat tautan back to top atau "kembali ke atas", baik dengan menambahkan button atau tombol yang menarik, atau smooth scroll yang memerlukan Java Script agar bisa berfungsi sebagaimana dikehendaki.

Membuat link back to top di ujung bawah halaman blog diperlukan untuk memudahkan pengunjung ketika membaca sebuah artikel yang panjang dan akan memerlukan beberapa kali scroll ke atas jika dilakukan secara manual. Memberi kemudahan bagi pengunjung adalah agar mereka mendapat pengalaman yang menyenangkan saat membaca, dan pengalaman yang baik akan membuat pembaca senang untuk datang kembali.

Mengapa tanpa Java Script lebih disukai untuk membuat link back to top adalah untuk membuat blog lebih ringan dan lebih cepat dibuka, ketimbang jika menggunakan kode Java Script. Kembali tujuannya adalah supaya blog lebih cepat dibuka karena, selain memberi pengalaman berkunjung yang baik kepada pembaca, mesin pencari Google juga lebih suka tulisan yang loading-nya cepat, dengan memberinya peringkat yang lebih tinggi pada mesin pencarian.

Alasan yang sama juga menjadi pertimbangan mengapa blog ini menggunakan tautan back to top tanpa Java Script dan hanya memakai tautan dalam bentuk teks, tanpa button.
Jika Anda perhatikan, blog aroengbinang bersih dari segala macam button, baik itu untuk tautan share ke sosmed atau pun button lainnya. Thumbnail juga tak ada. Semuanya disengaja agar loading tulisan bisa lebih cepat.

Untuk membuat link back to top tanpa Java Script di Blogger, lakukan langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Login ke akun Blogger --> Tema (Theme) --> Edit HTML.
    Back up html (link di kanan atas halaman) sebelum melakukan perubahan pada.
  2. Selanjutnya cari lokasi dimana terdapat </head>
    Untuk mencarinya copy </head> lalu letakkan (klik) kursor dimana saja di dalam html, tekan Ctrl F (Mac: command-F), paste, dan tekan enter.
  3. Letakkan kode <a id='top'></a> tepat sebelum </head>. Untuk WordPress ganti tanda ' dengan ".
  4. Selanjutnya letakkan kode <a href='#top'>Kembali ke atas</a> atau <a href='#top'>Back to top</a> di tempat yang Anda kehendaki, misalnya bersebelahan dengan script <a expr:href='data:desktopLinkUrl'> untuk tampilan pada desktop dan <a expr:href='data:mobileLinkUrl'> untuk tampilan pada mobile phone
  5. Save, lihat hasilnya, dan jika perlu pindah lokasi script back to top ke tempat lain yang lebih baik.

Satu kelemahan membuat kode back to top tanpa Java Script dan tanpa button adalah tampilan link-nya terlihat tidak menarik, oleh sebab hanya berupa teks biasa. Namun sebaiknya Anda lebih mengutamakan kecepatan loading tulisan ketimbang mempercantik penampilan blog dengan menambah elemen yang secara fungsional tidak esensial.

Bagaimana pun, tujuan blogger ketika membuat tulisan adalah agar supaya dibaca, dan peluang itu akan lebih besar manakala tulisan mendapat peringkat baik di hasil pencarian search engine, yang salah satu faktor pentingnya adalah kecepatan loading blog, baik pada tampilan desktop, dan terutama pada mobile phone.
Penulis : Pejalan musiman yang musim-musiman jalannya, dan hari-harinya kebanyakan ditemani Mac. Kembali ke atas ↑