Tutorial, WordPress

WordPress: Script Tulisan Yang Terakhir Diperbarui

Sesekali ada masanya ketika tulisan lama perlu diperbarui isinya. Bisa karena data sebelumnya tak lagi akurat, atau ada data baru yang perlu ditambahkan, baik berupa foto atau pun data inti dan data pendukung lainnya. Mesin pencari seperti Google akan mudah menemukan tulisan yang diperbarui, namun bagi pengunjung biasa tentu tak mudah.

Tentu saja sayang jika tulisan yang telah diperbarui, dan bisa bermanfaat bagi pengunjung, tak dimunculkan sehingga tak dibaca. Apalagi jika Anda tengah melakukan perubahan tulisan secara berkala dalam jumlah yang banyak, tentu akan bermanfaat jika pengunjung setia Anda mengetahuinya, dan bisa mengikuti perubahan terakhir yang dilakukan.

Script Tulisan Yang Terakhir Diperbarui ini ditujukan bagi Anda yang menggunakan WordPress self-hosted, baik yang menggunakan shared hosting atau pun VPS. Akan lebih baik jika Anda menggunakan cPanel dalam melakukan editing, karena jika ada kesalahan maka Anda akan lebih mudah dalam memperbaikinya.

Untuk membuat Script Tulisan Yang Terakhir Diperbarui, ikuti langkah-langkah sebagai berikut ini:

  1. Login ke cPanel situsweb Anda
  2. Klik File Manager -> wp-content -> themes -> twentyfifteen (atau nama themes yang Anda gunakan)
  3. Sorot single.php, klik "Edit" pada menu di bagian atas. Bisa juga Anda membuka single.php dari menu yang ada di dalam dashboard, namun jika ada kesalahan Anda bisa kesulitan dalam membuka dashboard.
  4. Copy script di bawah ini dan paste ke dalam single.php di bawah <?php the_content(); ?>, biasanya setelah tautan nama penulis dan tautan sosial media:
    <h3>Tulisan Terakhir Diperbarui</h3>
    <ul>
    <?php
    $recently_updated_posts = new WP_Query('showposts=7&orderby=modified');
    while($recently_updated_posts->have_posts()) : $recently_updated_posts->the_post(); ?>
    <li><a href="<?php the_permalink(''); ?>" title="<?php the_title(''); ?>"><?php the_title(''); ?></a></li>
    <?php endwhile;
    wp_reset_postdata();
    ?>
    </ul>
  5. Ganti angka pada showposts sesuai dengan jumlah yang dikehendaki
  6. Klik Save

Coba buka situsweb Anda dan lihat bagaimana hasilnya setelah script dipasang.
Jika ternyata ada kesalahan, maka coba teliti lagi apakah script yang ditulis sudah benar atau kah ada kesalahan lainnya yang tak sengaja dilakukan. Selamat mencoba.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Oktober 27, 2017.