Jawa Timur, Pamekasan, Tempat Wisata

Tempat Wisata di Pamekasan

Di bawah ini adalah catatan lengkap daftar Tempat Wisata di Pamekasan, Jawa Timur. Wilayah Pamekasan, dengan kode area telepon 0324, berbatasan dengan Laut Jawa di Utara, Selat Madura di Selatan, Sampang di Barat, dan Sumenep di Timur. Lihat juga Peta Wisata Pamekasan.

Tempat Wisata di Pamekasan


1. Api tak Kunjung Padam
Desa Larangan Tokol, Kec. Tlanakan, 4 Km dari pusat Kota Pamekasan, yang biasa disebut Jangka, dilengkapi kios dan warung suvenir.

2. Batik Tulis
Berada di Kecamatan Proppo (Kampung Banyumas, Desa Klampar), Kecamatan Palengaan, dan Kecamatan Pamekasan.

3. Kerapan Sapi
Biasanya diselenggarakan setelah panen raya sebagai ungkapan rasa syukur. Lomba karapan sapi tingkat kabupaten dilakukan di stadion Pamekasan.

4. Makam Keramat Pasarean Batuampar
Desa Pangbatok, Kecamatan Proppo, sekitar 15 Km dari pusat Kota Pamekasan, berupa makam para ulama yang disegani masyarakat.

5. Monumen Arek Lancor
Depan Masjid Agung Asyuhada', di pusat Kota Pamekasan, yang merupakan monumen perjuangan rakyat Madura dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

6. Monumen Proklamasi
Letaknya tidak jauh dari Monumen Arek Lancor dengan patung burung Garuda yang terbang diatas batu.

7. Museum Daerah
Letaknya di depan Monumen Arek Lancor, di kompleks Alun-alun Kota Pamekasan, yang menyimpan kitab kuno Madura, senjata tradisional, dan kerajinan tradisional.

8. Pantai Batu Kerbuy
Kecamatan Pasean dengan pemandangan pantai yang indah. Nama Batu Kerbuy berasal dari nama sebuah batu berbentuk kerbau yang berada 8 Km dari pantai.

9. Pantai Jumiang
Kecamatan Pademawu, 15 Km dari pusat kota, yang mudah dijangkau menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat.

10. Pantai Talang Siring
Kecamatan Montok, 10 Km kearah Timur dari Kota Pamekasan, pada GPS -7°8' 16", 113°35'22"

11. Pasar Batik Joko Tole
Jl. Joko Tole yang dimaksudkan sebagai salah satu sentra promosi dan penjualan batik Pamekasan.

12. Sapi Sonok
Wisata budaya Pamekasan di Desa Waru Barat, Kecamatan Waru, sekitar 34 Km dari Kota Pamekasan, yang merupakan kontes pasangan sapi betina jenis ras Madura.

13. Situs Pangeran Ronggo Sukowati
Kelurahan Kolpajung, 1 Km sebelah utara Alun-alun Kota Pamekasan, merupakan kompleks makam Pangeran Ronggo Sukowati, raja Islam pertama dan pendiri Pamekasan.

14. Upacara Petik Laut
Wisata budaya Pamekasan di Desa Padelegan, Kecamatan Pademawu, 16 Km dari Kota Pamekasan, yang merupakan pesta rakyat sebagai ungkapan rasa syukur atas keberhasilan dalam melaut.

15. Vihara Alokitesvara
Kampung Candi, Desa Montok, Kecamatan Galis, 14 Km dari Kota Pamekasan, dekat dengan Pantai Talangsiring, yang merupakan Vihara terbesar kedua di Pulau Jawa.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Oktober 25, 2017.