Palu, Sulawesi Tengah, Tempat Wisata

Tempat Wisata di Palu

Di bawah ini adalah daftar lengkap Tempat Wisata di Palu, ibu kota provinsi Sulawesi Tengah, yang jumlah penduduknya 342.754 jiwa pada 2012. Asal kata Palu adalah Topalu'e atau tanah yang terangkat. Adalah dikarenakan gempa dan pergeseran lempeng, wilayah yang semula ada di bawah air laut itu terangkat membentuk daratan lembah yang berdekatan dengan Teluk Palu.

Kota Palu berbatasan dengan Gorontalo di Utara, wilayah Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara di Selatan, Selat Makassar dan wilayah Sulawesi Barat di Barat, serta wilayah Provinsi Maluku di Timur.

Tempat Wisata di Palu

1. Gunung Gawalise »
Sekitar 34 kilometer dari Kota Palu, dimana terdapat Desa Dombu yang berhawa sejuk dan menjadi jalur treking.

2. Jembatan Palu IV »
Diresmikan pada Mei 2006 membentang di atas Teluk Talise, menghubungkan Kecamatan Palu Timur dan Palu Barat.

3. Makam Dato Karamah »
Kelurahan Lere, Kota Palu, makam tokoh Islam yang pertama kali masuk ke Sulawesi Tengah pada abad XVII.

4. Museum Negeri Provinsi Sulawesi Tengah »
Jl. Kemiri No. 23, memiliki berbagai fasilitas, mulai dari taman, auditorium, perpustakaan, gedung koleksi, ruang pamer tetap, dll.

5. Pantai Taipa »
Di tengah Kota Palu, dengan pantai bersih, pemandangan Gunung Gawalise, snorkling dan menyelam untuk melihat pemandangan alam bawah air.

6. Pantai Talise »
Berada di pusat kota, untuk menikmati panorama saat matahari tenggelam, berselancar, berenang, memancing ikan, atau menyelam.

7. Pantai Tumbelaka »
Sekitar 7 Km dari Kota Palu, berpasir putih, banyak pohon rindang di tepi pantai, bisa menyewa perahu motor, dan mencicipi Kaledo, makanan khas Kota Palu.

8. Sou Raja »
Kecamatan Palu Selatan, bahasa Kaili yang berarti Rumah Besar atau Pondok Raja, dibangun oleh Raja Yodjokodi pada abad-19, berukuran 32 X 11,5 meter.

9. Taman Nasional Lore Lindu »
Sekitar 60 km dari Kota Palu dengan beragam flora fauna, seperti anoa dan kerbau kerdil.

10. Teluk Palu »
Ramai dikunjungi pada sore hari untuk menikmati suasana atau memancing ikan.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Oktober 23, 2017.