Tempat Wisata di Pagar Alam

Di bawah ini adalah catatan awal tentang Tempat Wisata di Pagar Alam. Kota Pagar Alam, dengan kode area telepon 0730 berada di Sumatera Selatan, berbatasan dengan wilayah Lahat di Utara dan Barat, Bengkulu di Selatan, serta Lahat dan Muara Enim di Timur.

Tulisan Tempat Wisata di Pagar Alam dan peta wisata Pagar Alam ini akan diperbarui ketika informasi yang lebih baru telah diperoleh, dan data GPS telah didapat. Anda bisa berbagi catatan perjalanan dan membantu memajukan wisata Indonesia dengan menulis Travelog tentang tempat-tempat wisata yang telah anda kunjungi.

Tempat Wisata di Pagar Alam

1. Air Terjun Ayek Kaghang »
Wisata Pagar Alam di Dusun Muara Tenang, Kelurahan Perahu Dipo, Kecamatan Pagaralam Selatan, 15 km dari pusat Kota Pagar Alam, ditempuh dalam waktu 2 jam dengan berjalan kaki, setinggi 100 m dan lebar 20 m.

2. Air Terjun Batu Betulis »
Dusun Talang Berangin, Keluharan Selibar, Kecamatan Pagar Alam Utara.

3. Air Terjun Besemah »
Kecamatan Dempo Selatan, merupakan air terjun yang tertinggi di kota Pagar Alam, dan sangat indah.

4. Air Terjun Embun »
Kecamatan Pagar Alam Utara, kawasan Gunung Dempo, ada tempat untuk berteduh para pengunjung.

5. Air Terjun Lawang Agung »
Desa Lawang Agung Lama, Kecamatan Muara Payang, 45 menit dari pusat Kota Pagaralam, 500 m dari jalan besar.

6. Air Terjun Lematang Indah »
Tempat wisata di Pafar Alam di Kawasan Leamatang Indah, di tepi jalan di pinggiran Kota Pagar Alam, setinggi 40 meter, dicapai dengan menuruni tangga batu hingga ke dasar air terjun.

7. Air Terjun Mangkok »
Dusun Pematangbango, Desa Cughup Jare, Kecamatan Pagaralam Utara, dengan tempat ganti pakaian bagi yang ingin mandi, dan musala.

8. Air Terjun Melintang »
Wisata Pagar Alam di Desa Sumber Baru, Kelurahan Candi Jaya, namun aksesnya sangat sulit, melewati hutan dan perkebunan kopi dengan jalan yang sangat curam.

9. Air Terjun Pancur »
Letaknya 2 Km dari pusat kota, di sebelah timur Kebun Teh Gunung Dempo, dengan air yang sangat jernih, dan kolam di dasar air terjun.

10. Air Terjun Tujuh Kenangan »
Kelurahan Dempo Makmur, Kecamatan Pagar Alam Utara, terdapat kolam di dasar air terjun dan batu luncur.

Air terjun lain di Pagar Alam adalah Alap-alap, Cungkuh 7 Tingkat, Kasih Bunda, Kincir, Merak, Muara Siban, Muara Tenang, Namling, Padu Rasa, Pancar, Rimau, Sumber Jaya (Dempo Tengah), Talang Keling, Talang Martam, Tanjung Keling (Dempo Utara)

11. Arca Manusia Purba »
Wisata Pagar Alam di Desa Belumai, peninggalan kebudayaan megalitikum yang diduga telah berumur 2500 - 3000 tahun.

12. Batu Gong »
Dusun Karang Dapo, Kelurahan Tumbak Ulas, Kecamatan Pagaralam Selatan, yang merupakan peninggalan jaman megalitik; ada juga di Dusun Nanding.

13. Batu Jajar »
Tanjung Aro, Kecamatan Pagaralam Utara, ada tiga jajaran batu megalit sepanjang 1 km dan lebar 50 m, hampir semuanya batuan andesit berjumlah 53 buah.

Peninggalan kebudayaan megalitikum lain berada di Dusun Tegurwangi (Batu Beghibu), Gunung Migang (batu rang, batu kitap), Gunung kaye (batu bupean, batu dakon), Simpang Pelajaran (batu pidaran), Situs Muarapayang (batu perahu, peti kubur batu), Tanjung-aghe (batu jeme dililit ular, peti kubur batu), Talangtinggi Gunung Dempo (peti kubur batu), Keban Agung (batu jelapang), Belumay (batu nik kuanci dan peti kubur batu), Lubukbuntak (batu jeme), Geramat Mulak Ulu (batu bercoret), Semende (batu tapak puyang awak), Pagaralam-Pagargunung (batu ghuse, batu bekatak), Kuteghayewe (batu gajah, peti kubur batu, batu kursi), Impit Bukit (batu jeme ngilik anak), Tanjungsakti (menhir),Tanjungsakti (batu kawah), Baturancing (batu kebau tanduk runcing).

14. Danau Rimbacandi »
Sekitar bukit Raje Mandare, dengan air berwarna merah, ditempuh dengan berjalan kaki selama dua hari melewati hutan dan bukit Rimbacandi, Kelurahan Candi Jaya, Kecamatan Dempo Selatan.

15. Danau Tebat Gheban »
Desa Geban, Kecamatan Pagar Alam Utara, 2 Km dari pusat Kota Pagar Alam, yang menyediaan Rakit Bambu untuk berkelling danau.

16. Makam Serunting Sakti »
Tempat wisata di Pagar Alam yang ada di Dusun Pelangkenidai, Kecamatan Dempo Tengah, berjarak sekitar lima km dari pusat Kota Pagaralam.

17. Peta Wisata Pagar Alam
Peta interaktif wisata Pagar Alam, dengan GPS dan petunjuk jalan

18. Tangga Seribu »
Letaknya di kaki Gunung Dempo, di area perkebunan teh. Dinamakan tangga seribu karena ada banyak anak tangga yang berjejer meski jumlahnya tak sampai seribu.

Share ke: Facebook, Twitter, WhatsApp, Email, Subscribe. . Updated :

Versi Mobile | Kembali ke atas