Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu

Di bawah ini adalah catatan awal tentang Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu. Wilayah Ogan Komering Ulu berada di provinsi Sumatera Selatan, beribukota di Baturaja, di jalur Lintas Tengah Trans Sumatera, berbatasan dengan wilayah Ogan Komering Ilir di Utara, OKU Selatan di Selatan, Muara Enim di Barat, dan OKU Timur di Timur.

Tulisan Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu diperbarui ketika informasi yang lebih baru telah diperoleh, dan data GPS telah didapat. Anda bisa berbagi catatan perjalanan dan membantu memajukan wisata Indonesia dengan menulis Travelog tentang tempat-tempat wisata yang telah anda kunjungi.

Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu

1. Air Panas Gemuhak
Desa Gunung Tiga, dengan berjalan kaki selama 6 Km, atau 3 jam, pada ketinggian 398 m dpl, dengan beberapa sumber yang menyemburkan air panas setinggi 3 m setiap selang 15 detik.

2. Air Terjun Kambas
Desa Ulak Lebar, Kecamatan Ulu Ogan, dengan ketinggian air terjun 50 m, dikelilingi perbukitan, hutan dan batuan besar, ditempuh dengan berjalan kaki selama 30 menit dari Desa Ulak Lebar.

3. Air Terjun Pungai
Desa Ulak Lebar, Kecamatan Ulu Ogan, 500 meter dari Air Terjun Kambas, dengan ketinggian air terjun 30 m.

4. Air Terjun Tembulun
Desa Tanjung Kurung, Kecamatan Pengandonan, dengan hawa sejuk dan air yang jernih.

5. Batu Lesung Bintang
Desa Laya, Kecamatan Baturaja Barat, berbentuk bintang segi delapan yang ditengah-tengahnya terdapat lubang yang menyerupai lesung, peninggalan Marga Bindung Langit Lawang Kulon yang menjadi cikal bakal Baturaja.

6. Gua Harimau
Desa Padang Bindu, Kecamatan Semidang Aji, 500 m dari Gua Putri, tempat ditemukannya fosil kerangka manusia berumur ± 3.000 tahun.

7. Gua Putri
Desa Padang Bindu, Kecamatan Semidang Aji, 35 km dari Kota Baturaja, dengan kedalaman 150 m, lebar 8 – 20 m, serta ornamen stalagmite dan stalaktit.