Jawa Barat, Majalengka, Tempat Wisata

Tempat Wisata di Majalengka

Tulisan ini merupakan catatan awal tentang Tempat Wisata di Majalengka. Majalengka adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, dengan kode area telepon 0233, berbatasan dengan Indramayu di Utara, Cirebon dan Kuningan di Timur, Ciamis dan Tasikmalaya di Selatan, serta Sumedang di Barat. Bagian Utara merupakan dataran rendah, di Selatan berupa pegunungan, dan di Timur ada Gunung Ceremai (3.076 m).

Pusat pemerintahan Majalengka berada di sebelah Selatan Alun-alun Majalengka berdekatan dengan Masjid Agung Al Imam Majalengka. Untuk menuju Majalengkan dari Bandung bisa naik bus jurusan Cirebon, turun di terminal Kadipaten, lanjut naik angkot jurusan Terminal Cigasong. Jika dari Jakarta naik bus jurusan Cirebon, turun di Palimanan, naik elf ke terminal Kadipaten, lanjut naik angkot jurusan Terminal Cigasong.

Dari Kuningan atau Ciamis turun di Cikijing / Talaga, naik elf ke terminal Cigasong, lanjut naik angkot jurusan Kadipaten. Lihat juga tulisan Peta Wisata Majalengka, Hotel di Majalengka

Tempat Wisata di Majalengka

Berikut adalah tempat wisata di Majalengka yang mungkin menarik untuk dikunjungi

Bukit Kanaga

Blok Ciinjuk Desa Cipulus Kecamatan Cikijing, Majalengka.

Camp Panineungan

Sadarehe Desa Payung Kecamatan Rajagaluh, Majalengka.

Cikadongdong River Tubing

Jl. Desa Payung, Teja, Rajagaluh, Kabupaten Majalengka. Kontak: 0857-9416-3858. Jam buka: 08.30 - 16.30. Lokasinya tidak begitu jauh dari Curug Cipeuteuy, dengan jarak lintasan sungai sejauh 350m dan 1 km, dengan tinggi badan peserta minimal 140cm.


Curug Baligho

Dusun Baligho, Desa Padaherang, Kec Sindangwangi, berupa air terjun alami setinggi 30 m yang sumber air airnya berasal dari sungai Padabeunghar.

Curug Cibali

Desa Cikondang, Kec Cingambul, 39 km dari pusat Kota Majalengka, dengan akses kurang baik, tidak ada angkutan umum, dan belum ada fasilitas pendukung memadai.

Curug Cilutung

Desa Campaga, Kec Talaga Kulon, 28 Km dari pusat Kota Majalengka, dengan akses cukup baik, namun belum ada angkutan umum.

Curug KiaraDanu

Desa Lengkong Kulon, Kecamatan Sindangwangi, Majalengka

Curug Muara Jaya

Desa Argamukti, Kec Argapura, dengan tinggi 75 m, dengan jalur alternatif pendakian ke Gunung Ciremai, area berkemah dan upacara adat tahunan Pareresan.

Curug Sawer

Perbatasan Desa Argalingga dan Gunungwangi Kecamatan Argapura, Majalengka.

Curug Tonjong

Desa Teja, 3,5 Km dari Kecamatan Rajagaluh atau Terminal Bus Rajagaluh, dengan hawa pegunungan yang sejuk dan segar.

Gunung Ciwaru

Tempat wisata Majalengka ini baru dibuka pada tahun 2017 dengan kawasan hutan pinus, dan banyak spot foto yang bagus.


Gunung Sanghyang Dora

Tempat wisata di Desa Leuwikujang, Kecamatan Leuwimunding, Majalengka, untuk menikmati sunset dan sunrise di puncak gunungnya.

Hutan Siliwangi dan Kolam Renang Talaga Emas

Seluas area 3 Ha di Desa Pajajar, Rajagaluh, 4 km dari terminal Rajagaluh, dengan hutan lindung, kolam renang, air panas, patilasan Prabu Siliwangi, Sumur Kejayaan, dll.

Kolam Renang Sang Raja

Kelurahan Cigasong, dekat Terminal Sindangkasih, tempat rekreasi keluarga raja di masa Belanda, dengan pepohonan tua, tugu peninggalan Belanda, arena bermain anak, dll.

Makam Syeh Syarif Arifin

Desa Singdangwasa, Kec Palasah, di jalur Jl. Raya Majalengka – Cirebon, yang menyebarkan Agama Islam dan mengembangkan pertanian di daerah Majalengka.

Museum Talaga Manggung

Desa Talaga Kulon, Kecamatan Talaga, 30 KM dari kota Majalengka, yang menyimpan benda-benda bersejarah peninggalan Kerajaan Talaga Manggung (1291 M – 1530 M).

Patilasan Prabu Siliwangi

Desa Pajajar, kec. Rajagaluh, kab. Majalengka

Patung Dinosaurus

Desa Lemahputih, Kec Lemahsugih, 37 Km dari Kota Majalengka, dengan area taman bermain anak-anak, cafetaria, kolam renang, lapangan golf, dan motorcross.

Sirkuit Terpadu Gagaraji

Seluas 25 ha di Desa Pangkalan Pari, Kecamatan Jatitujuh, 30 km dari kota Majalengka, dengan sirkuit Motorcross, area memancing, sepeda air, penangkaran, dll.

Situ Cikuda

Ada villa dengan kapasitas 10 orang dan cafe.

Situ Cipanten

Tempat wisata yang banyak digemari dengan air jernih dan banyak spot yang instagramable.

Situ Sangiang

Desa Sangiang, Kec Banjaran, berupa danau seluas 18 ha, dengan pepohonan tua, kera, lutung, ikan lele, ikan mas, dan makam Pucuk Ulum Talaga Manggung.

Telaga Herang

Desa Jeruk Leueut, Kec Sindangwangi, dengan air sangat bening sehingga dasar danau terlihat jelas, yang dihuni berbagai jenis ikan.

Terasering Ciboer Pass

Desa Bantaragung Kecamatan Sindangwangi, Majalengka.

Terasering Panyaweuyan Argapura

Tempat wisata di Majalengka yang sedang naik daun dengan udara sejuk dan panorama yang sangat indah, terutama saat matahari terbit dan tenggelam.



Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Oktober 24, 2017.