Indragiri Hulu, Riau, Taman Nasional

Taman Nasional Bukit Tiga Puluh Indragiri Hulu

Lokasi Taman Nasional Bukit Tiga Puluh Indragiri Hulu berada di jalan provinsi antara Riau dan Jambi, berjarak 50 Km dari Kota Rengat, Ibukota Indragiri Hulu. Taman Nasional Tiga Puluh merupakan kawasan cagar alam flora dan satwa langka dan menjadi daerah konservasi air untuk kawasan Indragiri Hulu dan wilayah lain di sekitarnya.

Taman Nasional Bukit Tiga Puluh memilik panorama alam indah dan berhawa sejuk yang membentang seluas 94.698 hektar. Diantara flora langka yang bisa ditemui di Taman Nasional Bukit Tiga Puluh adalah Cendawan Muka Rimau Salo dan Mapau.

Selain itu pengunjung juga bisa melihat 59 jenis satwa langka, diantaranya adalah Gajah Sumatra, Harimau Sumatra yang sudah hampir punah, Beruang Madu, Tapir, Siamang, Kancil, Babi Hutan, Burung Rangkong, Kuaw, dll. Ada pula museum dan pusat pelatihan kebakaran hutan di tempat ini.

Pilihan kegiatan lain yang bisa dilakukan di Hutan Bukit Tigapuluh adalah arung jeram, treking dan mengunjungi komunitas masyarakat Suku Talang Mamak, suku Melayu Tua yang merupakan salah - satu suku terasing di wilayah Riau yang masih hidup secara tradisional.

Taman Nasional Bukit Tiga Puluh

Kecamatan Rengar Barat, Indragiri Hulu. GPS: -1.1190627, 102.6864624. Lihat Tempat Wisata di Indragiri Hulu


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Oktober 10, 2017.