Percikan

Siklus Riset 5-Langkah

Adalah Deadlock: Planetary Conquest, game strategi perang buatan Accolade yang mengetuk saraf di kepala dengan ide tentang kemungkinan dan kebutuhan dalam menerapkan pendekatan dan prinsip penelitian yang umum di hampir segala sesuatu dalam hidup, jika ingin menjadi yang terbaik dalam hidup.

Pertama kali memainkan permainan ini, saya dikalahkan dengan sangat mudah. Saya mencoba berkali-kali, namun kalah sebanyak itu juga, buntu! Lalu saya mulai belajar agar memiliki kesempatan yang lebih baik untuk menang dengan berinvestasi di Universitas untuk penelitian, sambil memastikan bahwa saya memiliki cukup pasukan dan sistem pertahanan.

Penelitian memberi saya teknologi untuk memperbaiki pabrik, membuat mesin perang yang canggih dan meningkatkan sistem pertahanan. Hal ini meningkatkan produksi pangan, hutan, tambang, energi, memungkinkan saya untuk membangun universitas bahkan lebih canggih lagi, dan membawa lebih banyak uang dari perdagangan.

Dalam perang, pihak dengan teknologi, strategi dan taktik terbaik akan menang. Lempeng dan sesederhana itu. Tapi karena kita berurusan dengan orang, permainan juga mengajarkan pentingnya orang dan menjaga moral seseorang.

Dalam kehidupan, penelitian berkelanjutan dapat membuat perbedaan besar. Jika Anda adalah seorang pemilik restoran, Anda akan mendapatkan kesempatan yang lebih baik untuk berhasil dengan melakukan beberapa penelitian seperti: tempat untuk membeli bahan baku dengan kualitas dan harga yang terbaik, target pelanggan (gaya, preferensi, bagaimana menyentuh hati dan pikiran mereka), penawaran produk (pilihan menu, resep, rasa, cara memasak, bagaimana melayani), penetapan harga, tempat untuk menyewa / berinvestasi, pesaing dan pelengkap, lingkungan, dll. Singkatnya, Anda perlu melakukan Business Intelligence.

Kenichi Ohmae pernah menulis dalam salah satu buku favorit saya the Mind of the Strategist (Pikiran dari Ahli Strategi), apa yang ia sebut Segitiga Strategis atau 3C Strategis: Corporation, Customer, Competition (Perusahaan, Pelanggan, Kompetisi). Beberapa tahun yang lalu saya menambahkannya dengan dan E = Environment (ideologi-politik-ekonomi-sosial-budaya dan keamanan faktor), ruang, waktu dan konteks di mana dan kapan perusahaan beroperasi.

Dengan melakukan Business Intelligence Anda dan orang-orang Anda akan suatu hari menjadi orang-orang yang paling tahu tentang bisnis: perusahaan, pelanggan, kompetisi dan lingkungan, lebih baik dari orang lain.

Salah satu pelajaran penting yang saya dapatkan dari Kaplan & Norton adalah pernyataan: "jika Anda tidak dapat mengukurnya, Anda tidak bisa mengelolanya". Berdasarkan ide ini, saya menggunakan terminologi Company Intelligence Score (CompaIS, termasuk Principal Intelligence Score, di perusahaan distribusi), Customer Intelligence Score (CIS, Angka Intelijen Pelanggan), Competitive Intelligence Score (CompeIS, Angka Intelijen Pesaing), dan Environment Intelligence Score (EIS, Angka Intelijen Lingkungan).

The CompaIS (Angka Intelijen Perusahaan) mengukur pengetahuan kita tentang orang-orang, proses dan sistem dalam perusahaan, yang akan membantu kita untuk melakukan tugas-tugas atau untuk mencapai tujuan. CIS memberikan pengukuran pengetahuan tentang pelanggan (baik profesional dan pribadi). CompeIS dan EIS harus dibuat untuk mencapai tujuan yang sama.

riset

Saya mendefinisikan penelitian sebagai kegiatan siklus 5-langkah: pengumpulan, penyimpanan, pengambilan, menganalisis, dan memanfaatkan data dan informasi. Tak perlu dikatakan bahwa tujuan penelitian tentu harus didefinisikan terlebih dahulu.

Data dikumpulkan dengan metodologi penelitian dan alat yang baik, harus disimpan dengan aman dan efisien, dengan cara yang dapat diambil cukup cepat tanpa usaha yang signifikan ketika dibutuhkan.

Saya mendefinisikan "analisis", langkah keempat, sebagai kerja otak untuk mengidentifikasi pilihan tindakan, menggunakan pendekatan berpikir baik vertikal maupun lateral yang disarankan oleh Edward DeBono.

Langkah kelima, "memanfaatkan" berisi dua langkah: pengambilan keputusan dan melakukan eksekusi. Keputusan dibuat berdasarkan sumber daya yang tersedia, serta beberapa pertimbangan historis dan kontekstual. Setelah keputusan dibuat, langkah selanjutnya adalah harus dieksekusi dengan baik. Eksekusi akan menghasilkan pengaruh beberapa derajat kepada kita dan / atau bisnis, yang akan memberi umpan balik ke langkah pertama dari siklus, dan begitu seterusnya. (Terbit 16 Juni 2006)


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Oktober 28, 2017.