Gunungsitoli, Rumah Adat, Sumatera Utara

Rumah Adat Desa Tumori Gunungsitoli Nias

Ada sekitar 10 Rumah Adat Desa Tumori Gunung Sitoli Nias di Desa Tumori, Kecamatan Gunungsitoli Barat, berjarak sekitar tiga puluh menit berkendara dari Bandara Binaka. Rumah-rumah adat yang merupakan rumah panggung terbuat dari kayu, berbentuk oval, dan beratap rumbia itu berusia antara 50 - 120 tahun.

Desa Tumori merupakan sebuah permukiman tradisional yang namanya berasal dari nama pohon raksasa yang ditemukan para pendirinya di tempat ini.

Sebagian besar penduduk Tumori adalah dari marga Zebua. Demikian juga dengan penduduk di desa-desa di sekitarnya, yaitu Lolomoyo Tuhemberua, Orahili Tumori, Tumori Balohili, Tumori Gada, Tumori O'o, Sihare'o Siwahili.

Selain melihat rumah adat, pengunjung juga bisa melihat adat budaya masyarakat yang masih hidup terjaga di desa ini. Orang-orang Tumori memang dikenal sangat ketat dalam menjaga tradisi mereka, sehingga pada waktu-waktu tertentu pesta-pesta tradisional menarik masih bisa dilihat di desa ini.

Rumah Adat Desa Tumori Gunungsitoli

Alamat : Kecamatan Gunungsitoli Barat, Gunungsitoli, Nias, Sumatera Utara. Lokasi GPS : 1.2575225, 97.6067233, Waze. Rujukan : Tempat Wisata di Gunungsitoli Nias


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Oktober 03, 2017.