Reloading Halaman Blog

Saya termasuk cukup sering untuk merubah penampilan atau lay-out blog, dan hanya setelah reloading halaman blog maka tampilan akan terlihat rapi. Tanpa reloading akan ada bagian halaman yang terlihat tak beraturan, meskipun cache yang ada di server sudah dibersihkan.

Jika pembaca kritis, tanpa diberitahu pun mereka akan refresh halaman yang dibuka jika melihat ada keanehan pada tampilan halaman. Namun ada beberapa pilihan lain yang bisa dilakukan untuk reloading halaman blog, selain mengandalkan inisiatif dari pembaca.

Salah satu cara adalah reloading halaman blog secara otomatis dengan interval waktu tertentu. Cara ini praktis, namun perlu dipertimbangkan apakah cara ini memang benar-benar dibutuhkan, karena bisa menambah beban kerja server.

Jika Anda mau menggunakannya, silahkan copy code di bawah ini, dan paste diantara head tag.

<meta http-equiv="refresh" content="15">

Dengan cara ini, reloading halaman Blog akan terjadi setiap 15 detik. Angka bisa Anda rubah sesuai kebutuhan.

Cara lain adalah pembaca melakukan reloading halaman Blog dengan klik tautan. Cara ini yang digunakan di the Aroengbinang Project, yaitu dengan memasang kode berikut di widget:

<a href="javascript:history.go(0)">Click to refresh the page</a>

atau

<form>
<input type="button" onClick="history.go(0)" VALUE="Refresh">
</form>


Jika ingin memperkecil kemungkinan bahwa cara di atas akan di-cache, maka bisa dengan menggunakan alamat halaman yang lengkap, seperti contoh di bawah ini

<meta http-equiv="refresh" content="5; URL=https://www.aroengbinang.com/reloading-halaman-blog/">

Silahkan mencoba, dan semoga bermanfaat.

Sumber tulisan ada di sini.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Oktober 26, 2017.