Kuantan Singingi, Riau

Pacu Jalur Kuantan Singingi

Pacu Jalur Kuantan Singingi merupakan lomba perahu dayung tradisional di Kuantan Singingi yang biasanya dilakukan terkait perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI, berlangsung dari tanggal 23 s/d 26 Agustus. Lokasinya sekitar 150 km dari Kota Pekanbaru ke arah Selatan.

Perahu dayung yang digunakan untuk berlomba berukuran panjang 25 - 40 Meter dengan 40 - 60 pendayung. Sebelum lomba pacu jalur dimulai lazimnya diawali terlebih dahulu dengan upacara sakral yang dilakukan oleh orang yang disebut Pawang Jalur. Setelah itu jalur diturunkan ke Sungai Kuantan (Teluk Kuantan) yang dikenal dengan nama Tepian Narosa.

Acara lomba ini diikuti oleh wakil-wakil dari seluruh desa dan kecamatan di Kabupaten Kuansing, yang bisa dilihat gratis oleh pengunjung. Namun jika ingin lebih enak menonton, ada pula tempat duduk di tribun dengan membayar Rp. 30.000. Bisa pula melihat dari jembatan gantung yang membentang di atas Sungai Kuantan.

Selain itu di sekitar lokasi lomba juga diselenggarakan acara Pekan Raya, pertunjukan Sanggar Tari, penampilan Lagu Daerah, Randai Kuantan Singingi, dan kemeriahan lainnya.

Pacu Jalur

Tepian Narosa, Sungai Kuantan, Kuantan Singingi, Riau. Lihat Tempat Wisata di Kuantan Singingi


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Oktober 02, 2017.