WordPress : Menyembunyikan Adsense Pada Tulisan tertentu

Oleh Bambang Aroengbinang. October 26, 2017
Tulisan ini menunjukkan salah satu cara untuk menyembunyikan Adsense pada tulisan tertentu. Tips ini sebenarnya berlaku bukan hanya untuk Adsense, namun juga untuk apa saja yang tidak ingin ditampilkan pada satu atau lebih tulisan di blog WordPress self-hosted anda.

Salah satu alasan mengapa perlu menyembunyikan iklan Google Adsense pada satu tulisan tertentu adalah isi tulisan itu terlalu sedikit untuk dipasang cukup banyak iklan. Bisa juga karena Anda akan menggunakan ruangnya untuk keperluan lain, misalnya untuk banner atau informasi tertentu misalnya.

Salah satu solusi untuk mengatasi ini selain menyembunyikan AdSense adalah dengan menulisnya di Page, bukan di Post. Karena umumnya tulisan di Page lebih singkat, maka cukup dipasang dua iklan saja, yaitu di bagian atas dan bawah. Dengan demikian Anda tak perlu menyembunyikan iklan lagi.

menyembunyikan adsense pada tulisan
Namun, jika memang diperlukan maka untuk menyembunyikan adsense pada tulisan tertentu, ikuti langkah berikut ini:
  1. Buka single.php
  2. Sisipkan kode berikut dimana Adsense anda diletakkan:
    <?php if (!is_single(array(IDtulisan1,IDtulisan2,IDtulisan3))) { ?>
    kode adsense anda
    <?php } ?>

  3. Save

IDtulisan1 adalah nomor ID tulisan dimana Adsense anda tidak akan muncul. Ganti IDtulisan1 dengan nomor ID tulisan anda (hanya nomornya saja, tanpa tulisan "ID"). Untuk melihat nomor ID tulisan, klik di "All Posts" pada dashboard, letakkan kursor di atas tulisan, ID post akan muncul di sudut kiri bawah.

Untuk menyembukan adsense pada Page tertentu, ganti !is_single dengan !is_page. Setelah dipasang Anda bisa melihat hasilnya. Jika tidak bekerja, coba lihat lagi langkah-langkahnya, karena mungkin ada yang terewat atau ada huruf yang tertinggal.
Label : .
Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Pejalan musiman yang senang tempat bersejarah dan panorama elok.