WordPress : Menghilangkan Komentar di Media Attachment

October 26, 2017
aroengbinang.com - Ternyata banyak orang mencari tahu bagaimana cara menghilangkan atau disable komentar di WordPress media attachment page, karena tak ingin pengunjung meninggalkan komentar di sana. Komentar yang dibuat di attachment page memang tidak akan muncul di widget recent comments.

Setelah melakukan penelusuran selama beberapa waktu, ternyata setidaknya ada tiga cara untuk menghilangkan komentar di WordPress media attachment page. Yang pertama menggunakan plugin, kedua dengan menambahkan kode di function.php, dan yang ketiga dengan cara merubah langsung.

Jika tak mau repot, maka silahkan menggunakan plugin Disable Comments. Plugin ini memungkinkan Anda untuk secara global meniadakan komentar pada jenis tulisan tertentu, seperti post, page dan media. Anda tinggal memilihnya pada "media option". Hanya saja saya perlu ingatkan bahwa lebih sedikit menggunakan plugin akan lebih baik.

Cara kedua adalah menambahkan kode berikut ini di function.php
function filter_media_comment_status( $open, $post_id ) {
$post = get_post( $post_id );
if( $post->post_type == 'attachment' ) {
return false;
}
return $open;
}
add_filter( 'comments_open', 'filter_media_comment_status', 10 , 2 );

Cara di atas juga cukup mudah, meskipun menambah kode yang harus dibaca oleh server.

Dan cara ketiga, merupakan cara paling efisien, adalah membuang kode <?php comments_template(); ?> dari image.php atau file yang mengontrol kemunculan Attachment Page di WordPress theme yang Anda gunakan. Hanya saja setiap kali Anda memperbarui theme, langkah ini perlu Anda ulangi lagi.

Nah, silahkan memilih salah satu cara di atas untuk menghilangkan komentar atau disable comments di WordPress Media Attachment Page Anda.
Semoga bermanfaat.
Lihat tulisan tentang: .
Penulis : Seorang pejalan musiman ...