Tutorial, WordPress

WordPress : Menampilkan Hanya Parent Category

Sayang sekali tidak menemukan jawaban yang memuaskan untuk menjawab pertanyaan bagaimana menampilkan hanya parent category saja pada menu drop down widget di WordPress. Namun setidaknya saya menemukan fungsi depth yang mengontrol berapa banyak level hierarki akan ditampilkan.

Kebutuhan untuk menampilkan hanya parent category baru saja muncul ketika menu drop down pada situs The Aroengbinang Travelog 'meledak' jika child category, yang isinya wisata yang berada di kabupaten atau kota, ditampilkan semuanya. Secara visual itu sangat mengganggu.

Namun di sisi yang lain saya tetap memerlukan pengelompokan tulisan berdasarkan kabupaten dan kota, agar lebih mudah dicari, namun tidak perlu ditampilkan pada menu drop down itu. Beruntung akhirnya saya menemukan sendiri bagaimana menampilkan hanya parent category saja.

Berikut adalah cara yang saya lakukan untuk hanya menampilkan parent category atau menyembunyikan child category pada menu drop down di Wordpress.

  1. Back-up file category-template.php pada sub-directory wp-includes
  2. Buka file wp-includes/category-template.php
  3. Temukan:

    'class' => 'postform', 'depth' => 0,

    ganti dengan

    'class' => 'postform', 'depth' => 1,
  4. Save, selesai


Selamat mencoba.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Oktober 26, 2017.