Tutorial, WordPress

WordPress : Membatasi Huruf Judul Recent Post Widget

Judul sebuah tulisan yang kita kadang terlalu panjang, sehingga kadang perlu membatasi jumlah huruf yang muncul pada judul tulisan di Recent Post Widget pada Wordpress. Tujuannya hanyalah agar panjang kolom selalu konstan, terlihat rapi, dan enak dilihat pembaca.

Menulis di blog kadang memang bukan hanya soal konten atau isinya saja, tetapi sering lebih dari itu. Ada banyak hal penting lain yang harus dilakukan oleh blogger, yang bisa menyita banyak waktu yang mestinya bisa digunakan untuk melakukan kegiatan utamanya. Menulis.

Untuk membatasi jumlah huruf pada judul tulisan di recent post widget, lakukan sebagai berikut:
  1. Buka default-widgets.php yang berada di sub-directory /wp-includes
  2. Temukan:
    <li><a href="<?php the_permalink() ?>" title="<?php echo esc_attr(get_the_title() ? get_the_title() : get_the_ID()); ?>"><?php if ( get_the_title() ) the_title(); else the_ID(); ?></a></li>

    ganti dengan
    <li><a href="<?php the_permalink(); ?>"><?php echo substr(get_the_title(), 0, 30); if(strlen(get_the_title()) > 30) echo '...'; ?></a></li>
  3. Angka 30 adalah jumlah maksimal huruf yang akan muncul, dan anda bisa menggantinya sesuai dengan lebar kolom anda.
  4. Save. Selesai, dan lihat hasilnya.

Semoga bermanfaat.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Oktober 26, 2017.