Tutorial, WordPress

WordPress : Google Translate Plugin

Google Translate Plugin Wordpress merupakan pilihan baik, jika ingin agar blog self-hosted Wordpress Anda bisa dibaca oleh lebih banyak orang di dunia. Apakah blog Anda ditulis dalam bahasa Indonesia atau Inggris, Google Translate Plugin Wordpress akan tetap membantu.

Ini karena kebanyakan pengunjung hanya mengerti satu bahasa. Dengan plugin ini Anda tidak perlu repot membuat situs kedua, yang bukan hanya soal menterjemahkan, namun juga harus direpotkan dengan banyak hal. Merubah layout, upgrade, dan melakukan kerepotan lainnya.

Namun memiliki Google Translate Plugin Wordpress bukan berarti sama sekali tidak repot. Penterjemahan Plugin sering tidak pas dengan maksud tulisan. Karenanya penulis masih sering perlu melakukan penyesuaian pada terjemahan. Bagaimana pun ini lebih mudah ketimbang memiliki dua buah situs yang berbeda. Perbaikan penterjemahan pun bisa dilakukan kapan saja, ketika Anda sudah memiliki waktu luang.

Tulisan Google Translate Plugin Wordpress ini adalah perbaruan dari tulisan sebelumnya, yang berjudul Membuat Google Translate Widget Tanpa Plugin. Tulisan sebelumnya itu tidak memakai standar kode yang dibuat oleh Google.

Google Translate Plugin Wordpress

Untuk memasang Google Translate Plugin Wordpress, ikuti langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Login ke akun gmail Anda. Jika belum punya akun gmail, daftar akun Anda di sini
  2. Selanjutnya kunjungi halaman Google Website Translator Plugin
  3. Klik tautan "+ Add new website" berwarna biru di sisi sebelah kanan halaman
  4. Ketik alamat blog anda pada kolom yang tersedia
  5. Klik menu dropdown di bawahnya untuk memilih bahasa blog Anda. Setelah dipilih klik Next
  6. Uncheck "Automatically display translation banner to users speaking languages other than the language of your page." supaya saran terjemahan tidak otomatis muncul, jika Anda menginginkannya
  7. Lanjutkan klik "Get Code".
  8. Copy kode pada boks pertama, paste di header.php, tepat sebelum </head>
  9. Copy kode pada boks kedua, paste di widget Anda.

Sebelumnya saya pernah memasang Google Translate Plugin Wordpress ini, dengan kode berbeda, namun saya buang karena memperlama loading time. Kode yang baru ini tampaknya bekerja dengan sangat baik, sehingga saya gunakan di semua situs TAP. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Oktober 26, 2017.