Tutorial, WordPress

WordPress : Bagaimana Cara Uninstall WordPress

Dalam tulisan ini saya ingin berbagi pengalaman tentang bagaimana cara uninstall WordPress, agar ada rasa aman dan nyaman dalam melakukannya. Selama menggunakan WordPress self-hosted, sudah beberapa kali saya meng-install dan uninstall subdomain dan subfolder, karena sejumlah alasan, salah satunya adalah repot mengelolanya. Contoh subdomain adalah https://blog.domain.com/, dan subfolder adalah https://www.domain.com/blog/.

Saat ini situsweb aroengbinang dalam proses konsolidasi. Semua tulisan di subfolder Hotel (/hotel/) dan Wisata (/wisata/) telah selesai dipindahkan ke domain utama. Subfolder Blog (/blog/) dalam proses pemindahan. Selanjutnya hanya ada domain utama dalam bahasa Indonesia, dan versi bahasa Inggris.

Cara uninstall WordPress yang saya tulis di bawah ini adalah cara yang saya lakukan, dengan menghapus secara bersih, setelah memindahkan semua tulisan ke domain utama.

Untuk uninstall WordPress lakukan langkah sebagai berikut:
  1. Buka cPanel, klik Backup di kelompok menu Files. Buat backup baru dan unduh ke komputer sebagai cadangan jika nanti timbul masalah.
  2. Pastikan semua tulisan sudah dipindah dan telah di-redirect dengan .htaccess ke laman yang baru.
  3. Klik File Manager, masuk ke subfolder yang hendak dihapus (pastikan masuk ke subfolder yang benar).
  4. Buka wp-config.php dan catat nama database dan user, pada baris
    define('DB_NAME', 'namaDatabase');
    define('DB_USER', 'namaUser');
  5. Hapus semua file di subfolder, kecuali file index.php, robot.txt, dan .htaccess.
  6. Buka index.php yang tak dihapus itu, ganti isinya (lalu Save) dengan:
    <?php
    // Silence is golden.
    ?>
  7. Buka robot.txt, ganti isinya (lalu Save) dengan:
    User-agent: *
    Disallow: /

    File .htaccess yang juga tak dihapus hanya berisi perintah redirect semua tulisan lama ke tulisan yang ada di domain baru.
  8. Selanjutnya pada cPanel, klik MySQL® Databases, klik Delete pada "namaDatabase" yang hendak dihapus dan telah dicatat di atas. Delete juga "namaUser" terkait yang juga telah dicatat di atas.

Jika langkah terakhir telah dilakukan maka semua langkah Uninstall WordPress telah lengkap. Cara untuk uninstall WordPress lainnya bisa dilihat di sini.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Oktober 27, 2017.