AdSense, Tutorial, WordPress

WordPress : Adsense Setelah Paragraf Pertama Post dan Page

Tulisan ini hendak berbagi petunjuk tentang bagaimana cara memasang Google Adsense setelah paragraf pertama post dan page WordPress, sekaligus. Petunjuk ini bisa bermanfaat pada blog dengan jumlah page yang banyaknya cukup signifikan, meski mungkin tak sebanyak jumlah post. Untuk lebih memahami apa itu post dan page, silahkan buka tulisan Perbedaan Post dan Page.

Pada tulisan sebelumnya saya sudah berbagi petunjuk tentang bagaimana meletakkan Google Adsense Setelah Paragraf Kedua Tulisan, yang bisa juga diubah kodenya untuk diletakkan setelah paragraf pertama, atau setelah paragraf ketiga, dst. Script yang tercantum di tulisan itu akan memunculkan adsense di single post dan juga image, namun tidak di page.

Script yang diletakkan di function.php itu, dan hanya akan memunculkan AdSense di post dan image adalah: function insert_ad_block( $text ) {if ( is_single() ) : $ads_text = 'KodeAdsensAndaDiSini'; $split_by = "\n"; $insert_after = 1; $paragraphs = explode( $split_by, $text); $len = count( $paragraphs ); if ( $len < $insert_after ) $insert_after = $len; array_splice( $paragraphs, $insert_after, 0, $ads_text ); foreach( $paragraphs as $paragraph ) { $new_text .= $paragraph; } return $new_text;endif; return $text;} add_filter('the_content', 'insert_ad_block');

Agar muncul Google Adsense Setelah Paragraf Pertama Post dan Page WordPress sekaligus maka hanya diperlukan sedikit modifikasi pada script di atas, yaitu dengan mengganti if ( is_single() ) pada baris kedua script menjadi if ( is_singular() ).

Script selengkapnya adalah: function insert_ad_block( $text ) {if ( is_singular() ) : $ads_text = 'KodeAdsensAndaDiSini'; $split_by = "\n"; $insert_after = 1; $paragraphs = explode( $split_by, $text); $len = count( $paragraphs ); if ( $len < $insert_after ) $insert_after = $len; array_splice( $paragraphs, $insert_after, 0, $ads_text ); foreach( $paragraphs as $paragraph ) { $new_text .= $paragraph; } return $new_text; endif;return $text; } add_filter('the_content', 'insert_ad_block');

Jika sebelumnya sudah memasang script untuk single post, silahkan lakukan perubahan sesuai petunjuk di atas dan setelah perubahannya disimpan maka bisa dilanjutkan cek hasilnya dengan membuka salah satu page di blog. Jangan lupa backup dulu file function.php sebelum melakukan perubahan.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Oktober 26, 2017.