Blora, Jawa Tengah, Museum

Museum Mahameru Blora

Museum Mahameru Blora berada di Jl. R.A. Kartini No. 42, Blora, Jawa Tengah, di dalam kompleks Taman Rekreasi Tirtonadi. Bangunan Museum Mahameru ini memiliki dua lantai, dimana di lantai bagian bawah diantaranya menyimpan gerabah, lukisan dan karya seni lainnya, benda peninggalan dari jaman kolonial, dan foto lama.

Ada pula bayonet bekas Tentara Jepang, serta buku primbon pasolatan. Mengunjungi museum merupakan sebuah cara untuk belajar sejarah masa lalu, dan memetik pelajaran darinya. Baik itu belajar dari kesalahan atau pun belajar dari hal baik yang telah dilakukan oleh para pendahulu.

Di lantai atas dipajang koleksi fosil binatang raksasa, fosil kerbau purba yang diperkirakan berusia antara 1 juta - 2 juta tahun, arca batu peninggalan budaya Hindu Buddha, serta keramik.

Koleksi Museum Mahameru semuanya diperoleh di daerah Blora, banyak diantaranya ditemukan oleh para penambang pasir di tepian sungai.

Museum Mahameru Blora

Alamat : Jl. R.A. Kartini No. 42, Blora. Rujukan : Hotel di Blora, Hotel di Cepu, Tempat Wisata di Blora, Peta Wisata Blora.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Februari 05, 2017.