Gua, Jawa Timur, Kediri

Goa Padedean Kediri

Goa Padedean Kediri berada di lereng Gunung Klotok, 1 km dari Goa Selomangleng dan diakses dari kawasan wisata Selomanglang. Goa Padedean konon merupakan sebuah petilasan tempat dimana Dewi Kilisuci berjemur setelah mensucikan diri, sebelum bertapa.

Seperti diketahui Dewi Kilisuci adalah puteri Raja Airlangga yang menolak tahta Kerajaan Kahuripan, dan memilih untuk menjadi pertapa, yang akhirnya memaksa Airlangga untuk membagi kerajaan menjadi dua, dilaksanakan oleh Mpu Bharada. Peristiwa itu terjadi pada tahuan 1042, dimana Kerajaan Kahuripan dipecah menjad Kerajaan Daha (Kediri) dan Kerajaan Jenggala.

Sebelumnya Airlangga berupaya menjadikan salah satu anak laki-lakinya menjadi raja di Bali, dengan mengutus Empu Bharada untuk pergi ke sana.

Sayang keinginan Airlangga dipatahkan oleh Empu Kuturan, yang tak lain adalah saudara kandung Empu Bharada. Kesaktian Empu Bharada tak mampu menandingi Empu Kuturan, membuatnya harus kembali menghadap Airlangga tanpa hasil yang diharapkan.

Goa Padedean Kediri

Alamat : Kawasan Wisata Selomangleng Kediri. Rujukan : Hotel di Kediri, Tempat Wisata di Kediri, Peta Wisata Kediri.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Februari 04, 2017.