Tugu Proklamasi Cirebon

Tugu Proklamasi Cirebon berada di luar sudut Alun-alun Kejaksaan, persis di pojok jalan yang diapit oleh Jalan Siliwangi dan Jalan RA Kartini, Cirebon. Tugu Proklamasi Cirebon itu dibangun sebagai tengara bahwa pada 15 Agustus 1945 telah berlangsung pembacaan naskah Proklamasi Kemerdekaan oleh dr. Sudarsono, Kepala Rumah Sakit Kesambi (sekarang Rumah Sakit Gunung Jati) dan aktivis Partai Sosialis Indonesia (PSI) pimpinan Sutan Sjahrir, disaksikan oleh sekitar 50 orang pemuda.

Tidak pernah diketahui apa teks proklamasi di Alun-alu Kejaksan itu, yang kabarnya disusun oleh Sjahrir di Jakarta. Setelah Prokalamasi Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945, mungkin ada kesengajaan dari Sjahrir dan PSI untuk mengubur 'insiden' proklamasi prematur di Cirebon itu.

Lagipula di Cirebon sendiri, proklamasi itu tidak mendapat dukungan dari faksi-faksi pemuda lainnya. Tidak diketahui kapan persisnya Tugu Proklamasi Cirebon itu dibangun.

Namun adalah Hamdani, kader Sjahrir yang saat itu menjadi Residen Cirebon yang berinisiatif membangun Tugu Proklamasi Cirebon ini. Hamdani menjabat sebagai Residen Cirebon sekitar tahun 1950-an.

Tugu Proklamasi Cirebon - Alamat: Jl Siliwangi Cirebon. Lokasi GPS : -6.709933, 108.559906, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Rujukan : Hotel di Cirebon, Hotel Murah di Cirebon, Tempat Wisata di Cirebon, Peta Wisata Cirebon

©2018 aroengbinang