Planetarium dan Observatorium 6 dari 41

November 16, 2019
aroengbinang.com - Planetarium dan Observatorium | Klik foto ke halaman berikutnya »

Poster besar berisi narasi tentang sejarah Astronom Indonesia, dengan tonggak-tonggak sejarah dari tahun 800 M hingga tahun 1990-an. Astronomi disebut sebagai disiplin ilmu yang berusia hampir setua peradaban manusia.

Pengamatan pada benda angkasa melahirkan kisah dan legenda seperti Bulan Pejeng (Bali), Pasaggangan Laggo Samba Sulu atau Pertempuran Matahari dan Bulan (Mentawai), Memecah Matahari (Papua), Manarmakeri (Papua), Hala Na Godang (Batak), Kilip dan Putri Bulan (Dayak Benoaq), Lawaendrona Manusia Bulan (Nias), Bima Sakti (Jawa), Mula Rilinge'na Sangiang Serri' (Bugis), Batara Kala, dan Nini Anteh (Jawa Barat). Pembangunan Candi Borobudur dianggap juga sebagai penanda keberadaan Astronomi di Indonesia, karena diduga merupakan penanda waktu raksasa dengan stupa sebagai penanda waktunya.

planetarium dan observatorium jakarta

Miniatur Saturn IB, yaitu kendaraan yang meluncurkan Lunar Module ke orbit Bumi rendah. Pada tahun 1973, Saturn IB mengangkut awak stasiun ruang angkasa Skylab. Lalu pada tahun 1975 meluncurkan bagian pesawat Apollo dari gabungan AS-Uni Soviet dalam uji proyek Soyuz.

planetarium dan observatorium jakarta
Bagikan ke: Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!. Kunjungi Channel Aroengbinang.