Pantai Pasir 4

Ketika perahu mendarat bukan berarti pekerjaan selesai. Setelah ikan dijual atau diolah sebagai ikan asin, maka pekerjaan lain yang harus dilakukan adalah memperbaiki jaring jala yang putus atau rusak setelah semalaman dipakai.

pantai pasir kebumen

Kombinasi bukit dengan kemiringan curam dan pulau karang di bawahnya membuat bukit itu cukup berbahaya bagi siapa saja yang merayap di dindingnya. Sementara itu warna air laut terlihat ada tiga macam yang memperlihatkan perbedaan kedalaman airnya.

pantai pasir kebumen

Bendera merah putih yang meskipun telah sobek namun tetap berkibar. Ini bisa menjadi perlambang bahwa kehidupan para nelayan itu masih belum sepenuhnya merdeka. Semoga nasib mereka lebih baik di pemerintahan yang sekarang ini.

pantai pasir kebumen


Di kaki bukit sisi sebelah kanan Pantai Pasir Kebumen itu juga, beberapa meter di sebelah kanan karang bolong itu, terdapat ceruk gua yang lumayan besar. Entahlah apakah ceruk itu cukup dalam atau tidak karena saat itu juga hanya bisa diakses lewat laut meski letaknya dekat saja dari bibir pantai.

pantai pasir kebumen

Dua orang nelayan tampak tengah mengurai jaring kusut setelah dipergunakan untuk menangkap ikan. Sebagian jaring itu biasanya memang rusak karena perlawanan dari ikan-ikan yang ditangkap dan membuat mereka harus memperbaikinya sesegera mungkin jika tak ingin kerusakan itu menjadi lebih parah yang bisa mengganggu hasil penangkapan yang mereka peroleh.

pantai pasir kebumen

©2020 aroengBinang