Pantai Pasir 2

Deretan perahu nelayan yang tengah di parkir di tepian pantai setelah selesai melaut. Begitu banyaknya perahu yang mengeruk kekayaan laut, yang jika mereka tidak memperhatikan kelestarian ikannya maka suatu saat akan sedikit hasil laut yang mereka bisa dibawa pulang. Kesadaran itu harus dibangun sebelum terlambat.

pantai pasir kebumen

Batuan berukuran kecil yang ada di pinggiran Pantai Pasir yang membantu mengurangi abrasi air Laut Selatan yang ganas, selain beton tetrapod yang juga di sebar di sebagian area pantai. Gelombang di Pantai Pasir ini sekitar satu meteran lebih.

pantai pasir kebumen

Perbukitan karang di ujung kanan atau ujung Barat Pantai Pasir. Bukit di sebelah barat ini menjorok ke laut lebih jauh ketimbang bukit sebelah timur. Hampir di tengah bukit itu ada ceruk pantai yang disebut Pantai Lampon yang aksesnya tampaknya hanya dari arah laut.

pantai pasir kebumen

Pemandangan pada karang bolong di bukit sebelah barat yang konon menjadi pintu gerbang masuk ke Istana Nyi Roro Kidul. Saat itu masih musim kering sehingga banyak gerumbul pohon yang meranggas di sebelah atas karang dan juga di bukit di belakang sana.

pantai pasir kebumen

Jika dimirip-miripkan, sebelah kiri lubang memang mirip kepala beruang dengan bagian mata yang berwarna kehitaman dan mulutnya tertutup karang yang ada di depannya. Sebelah kanan lubang adalah kakinya. Di balik bukit di belakan sana itulah letak Pantai Lampon.

pantai pasir kebumen

©2020 aroengBinang