Pantai Pasir 1

Batuan berukuran kecil yang ada di pinggiran Pantai Pasir yang membantu mengurangi abrasi air Laut Selatan yang ganas, selain beton tetrapod yang juga di sebar di sebagian area pantai. Gelombang di Pantai Pasir ini bisa sekitar satu meteran lebih.

pantai pasir kebumen

Pantai Pasir Kebumen diapit oleh bukit yang keduanya menjorok ke laut, sehingga menyerupai teluk kecil. Pada bukit di sebelah kanan terdapat karang bolong cukup besar seperti terlihat pada foto yang konon menjadi gerbang masuk ke Istana Nyi Roro Kidul.

pantai pasir kebumen

Kebanyak perahu nelayan atau jongkong ini menggunakan dua bilah kayu melintang perahu sebagai penyeimbang agar tidak mudah terbalik, baik saat gelombang menerja, juga ketika melempar dan menarik jala ke dalam perahu. Rata-rata perahu itu dicat dengan warna biru, mungkin agar sesuai warna laut.

pantai pasir kebumen

Perbukitan yang berada di sebelah timur Pantai Pasir serta rumah-rumah nelayan sederhana diantara pohon nipah. Sebelum sampai ke sana ada aliran sungai kecil yang akan terlewati. Suatu saat pemda perlu memikirkan penataan ulang rumah para nelayan itu agar rapi, berkelas dan sehat, sehingga bisa pula dipakai sebagai penginapan.

pantai pasir kebumen

Jejak manusia terlihat pada perbukitan di atas laut itu, dengan lereng terasering hasil pekerjaan manusia. Sayang sekali masih cukup banyak lahan kosong yang belum ditanami pohon untuk menyerap air dan bisa dipanen kayunya suatu saat nanti. Saat musim hujan mungkin bukit itu akan terlihat lebih hijau.

pantai pasir kebumen

©2020 aroengBinang