Museum Pengkhianatan PKI 36 dari 90

February 08, 2019
Peristiwa Kanigoro, 13 Januari 1965. Walaupun PKI berhasil menakut-nakuti partai-partai politik dan organisasi massa Islam, tetapi mereka gagal melumpuhkan pengikut-pengikut partai dan organisasi massa tersebut. Partai politik dan organisasi massa Islam juga melakukan usaha untuk membendung intimidasi dan penyusupan pengaruh komunis ke dalam tubuh organisasi mereka dengan cara memperkuat keislaman dan ketakwaan para anggotanya.

Usaha seperti itu dilakukan antara lain oleh Pelajar Islam Indonesia (PII) Jawa Timur di Desa Kanigoro, Kecamatan Kediri. Mereka menyelenggarakan pelatihan mental pada bulan Januari 1965. Namun ketika pelatihan sedang berlangsung, pada subuh tanggal 13 Januari 1965 kompleks pesantren tempat pelatihan diadakan diserang massa Pemuda Rakyat (PR) dan Barisan Tani Indonesia (BTI).

Massa komunis tidak hanya menyiksa para peserta latihan, mereka juga menginjak-injak kitab suci Al-Quran sambil mengeluarkan ucapan-ucapan yang menghina agama Islam. Beberapa peserta latihan, pria dan wantia, serta tokoh-tokoh agama setempat mereka tangkap. Berkat campur tangan camat Keras, para korban penangkapan dibebaskan hari itu juga, tetapi pelaksanaan mental training terpaksa dibatalkan.

museum pengkhianatan pki lubang buayamuseum pengkhianatan pki museum pengkhianatan pki museum pengkhianatan pki
Museum Pengkhianatan PKI | « Foto-35 | Foto-37 »

Kunjungi pula: