Museum Pengkhianatan PKI 35 dari 90

February 08, 2019
Rongrongan PKI terhadap ABRI (1964 - 1965). Kampanye meperburuk citra ABRI sudah dilakukan PKI sejak masa Perang Kemerdekaan tahun 1945 - 1949 untuk memecahbelah kekompakan ABRI, memandulkan peran sosial - politik ABRI, menghapuskan jati diri ABRI sebagai pejuang - prajurit dan prajurit - pejuang, yang pada akhirnya bertujuan untuk menguasai ABRI.

Secara terbuka kampanye anti-ABRI, khususnya TNI AD, berlatar belakang pada kecemburuan PKI di kalangan rakyat. Berbagai macam cara kampanye anti-ABRI telah dilakukan PKI, seperti tuduhan, isu, provokasi, fitnah politik, yang dilemparkan ke tengah-tengah masyarakat oleh bagian propaganda dan media massa PKI.

Sejak tahun 1964, aksi kampanye PKI semakin meningkat sebagai bagian dari "ofensif revolusionernya". Tindak kekerasan aksi sepihak, tuntutan pembubaran aparat teritorial, isu nasakomisasi ABRI, isu Angkatan V, dokumen palsu Gilchrist adalah wujud aslinya. Sebagai puncak kampanye fitnahnya adalah isu Dewan Jenderal pada tahun 1965 yang bermuara pada pemberontakan G30S/PKI.

Salah satu aksi kampanye dari bawah, antara lain disampaikan pada Kongres Persatuan Pamong Desa Indonesia (PPDI) suatu organisasi massa PKI, pada tanggal 3 Agustus 1964 di Gedung Serikat Buruh Kereta Api Manggarai, Jakarta.

museum pengkhianatan pki lubang buayamuseum pengkhianatan pki museum pengkhianatan pki museum pengkhianatan pki
Museum Pengkhianatan PKI | « Foto-34 | Foto-36 »

Kunjungi pula: