Museum Paseban 3 dari 60

November 10, 2018.
Diorama pertama Museum Paseban adalah mengenai rapat-rapat persiapan pemberontakan G30S/PKI, diantaranya menghasilkan pembentukan Biro Khusus PKI yang diketuai Syam Kamaruzaman, beranggotakan Pono dan Waluyo, langsung dibawah Ketua PKI DN Aidit. Sekembalinya dari RRC pada Agustus 1965, Aidit memerintahkan Kamaruzaman menyusun konsep gerakan militer untuk melakukan pukulan pada apa yang mereka sebut sebagai "Dewan Jenderal". Syam juga diberi tugas menyusun konsep "Dewan Revolusi" sebagai lembaga tertinggi negara setelah PKI merebut kekuasaan.

Konsep gerakan militer itu diselesaikan Syam pada bulan Agustus 1965 dan dilaporkan ke DN Aidit. Isinya adalah : pertama, gerakan militer terbatas; kedua, sasaran utamanya Dewan Jenderal; ketiga, menguasai instalasi vital seperti RRI, PTT (Telkom), PJKS; keempat, calon pemimpin gerakan adalah Letkol Untung S, Kolonel Inf Latief, dan Mayor (U) Suyono; kelima, organisasi gerakan terbagi tiga yaitu militer, politik, dan observasi; keenam, memanggil kepala Biro Khusus Daerah untuk menerima instruksi Syam tentang persiapan dan kesiapan akhir kekuatan yang akan digunakan.

Pada September 1965, Aidit memerintahkan Syam menyusun rencana pemberontakan. Gerakan perebutan kekuasaan akan dipimpin langsung Aidit, Syam sebagai pimpinan pelaksana, Pono wakil pimpinan, dan Bono pimpinan pelaksana observasi. Syam melakukan rapat 16 kali dengan Pono, Waluyo, anggota Pimpinan Biro Khusus Pusat, Kepala Biro Khusus Daerah, dan para oknum ABRI binaan PKI. Kesimpulan rapat : gerakan harus dibantu dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Dalam rapat dengan oknum ABRI dibahas pelaksanaan yang meliputi personel, logistik, pembagian tugas, pembagian sektor, sasaran gerakan, dan konsep "Dewan Revolusi". Rapat terakhir pada 29 September 1965 memutuskan nama "Gerakan 30 September", hari H dan jam J tanggal 1 Oktober 1965 dini hari. Sasaran pertama adalah menculik tujuh Perwira Tinggi TNI-AD.

museum paseban monumen pancasila sakti
Museum Paseban | « Foto-2 | Foto-4 »

Share, Tweet, WA, TE, Email, Print!