Museum Paseban 21 dari 60

Diorama yang menggambarkan rakyat berdiri di tepian jalan melihat iringan panser yang membawa peti jenazah tujuh Pahlawan Revolusi. Upacara pemberangkatan jenazah berlangsung di Markas Besar Angakatn Darat (MBAD) berlangsung pada 5 Oktober 1965, dipimpin oleh Menko Hankam / Kasab Jenderal AH Nasution yang bertindak sebagai inspektur upacara.

Tepata pada pukul 10.00, dengan diiringi tembakan salvo dan bunyi genderang, panser Saracen yang membawa jenazah diberangkatkan dari MBAD menuju ke TMP Kalibata. Konvoi didahului barisan kendaraan pengawal kehormatan, diikuti panser yang membawa jenazah Letjen A Yani yang dijaga Letjen Djatikusumo dan panser yang membawa jenazah lainnya.

Perjalanan konvoi dimulau dari Jl Medan Merdeka Timur, melewati Jl Cikini Raya, Salemba Raya, Matraman Raya, Jatinegara, Cawang, Pancoran, dan berakhir di TMP Kalibata, yang memakan waktu sekitar 2 jam. Saat memasuki gerbang TMP Kalibata, jenazah Pahlawan Revolusi mendapat pengawalan kehormatan dari Kavaleri TNI-AD dan Taruna AKABRI. Bertindak sebagai inspektur upacara pemakaman adalah Mayjen Soeharto.

museum paseban monumen pancasila sakti
Museum Paseban | « Foto-20 | Foto-22 » Updated : November 10, 2018
Author : .
Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Pejalan musiman yang senang tempat bersejarah dan panorama elok. Follow : Twitter, Facebook, Subscribe, Youtube.
Share   Tweet   WhatsApp   Telegram   Email   Print!