Museum Paseban 11 dari 60

November 10, 2018.
Pandangan lainnya pada diorama Pengamanan Lanuma Halim Perdanakusuma. Pada pukul 03.00 tanggal 2 Oktober 1965, pasukan mulai bergerak dari Markas Kostrad di Jl Merdeka Timur melalui Patung Pak Tani ke arah Senen, lalu Jatinegara, Klender, dan selanjutnya menuju Halim PK.

Pasukan tiba di lokasi pada pukul 06.00 dan terjadilah tembak menembak yang membawa korban tewas 2 orang anggota TNI AU, yaitu Sertu Supardi dan Pratu Toegimin di Depo Perminyakan. Pertempuran lebih besar bisa dihindari setelah terjadi komunikasi antara pimpinan RPKAD, Lanuma Halim PK dan Batalyon 454/Diponegoro. Tembak menembak bisa dihentikan atas jasa Komodor Dewanto dan Kapten Udara Kundimang.

Pasukan RPKAD akhirnya menguasai hanggar Skuadron 31/Angkut Berat, hanggar Skuadron 3/Angkut Sedang, hanggar Skuadron 17/VIP, Menara, dan fasilitas pangkalan lainnya. Pasukan pemberontak akhirnya dibubarkan oleh komandan masing-masing dan melarikan diri keluar dari Halim PK. Pada pukul 06.10 Pasukan RPKAD dan pasukan pendukung berhasil mengamankan Lanuma Halim PK dari tangan pasukan G30S/PKI.

museum paseban monumen pancasila sakti
Museum Paseban | « Foto-10 | Foto-12 »

Share, Tweet, WA, TE, Email, Print!