Masjid Raya Al A’zhom 6

Sisi pandang lain ke arah bagian dalam kubah atau langit-langit ruangan utama Masjid Raya Al A'zhom, dengan garis-garis konsentrik, empat lapis kaligrafi ayat-ayat Al Qur'an melingkar dengan ukuran semakin membesar ke arah luar, serta hiasan indah pada pusatnya.

masjid raya al a'zhom tangerang

Kubah Masjid Raya Al A'zhom yang dibuat bersusun-susun juga bisa dilihat pengaruhnya pada ornamen bagian dalam kubah yang juga terlhat bertumpuk-tumpuk. Struktur ini tampaknya dibuat untuk mengkompensasi ketiadaan pilar yang menyangga kubah.

masjid raya al a'zhom tangerang

Sebuah ornamen pada pintu kayu jati Masjid Raya Al A'zhom yang dikerjakan dengan halus dan sangat indah. Lepas dari biayanya pembuatannya yang dirasa sangat besar, masjid ini memang dibuat dengan baik, dan unik.

masjid raya al a'zhom tangerang

Pilar-pilar terlihat berjajar rapi membentuk komposisi simetris di bagian samping Masjid yang tampak indah untuk dipandang mata. Ruang samping masjid seperti ini sering dijadikan tempat untuk beristirahat meluruskan punggung, dan terkadang malah sampai pulas, karena berbaring di dalam masjid biasanya tidak diperbolehkan

masjid raya al a'zhom tangerang

Di halaman Masjid Raya Al A’zhom terdapat monumen dengan prasasti peresmian masjid. Pembangunan Masjid Raya Al A’zhom rupanya dimulai pada bulan Juli 1997, dan diresmikan penggunaannya pada 23 Aprl 2003, dan kabarnya menelan biaya sampai sebesar Rp. 28,3 milyar.

masjid raya al a'zhom tangerang

Sesaat sebelum naik ke kendaraan di area parkir di depan Kantor Walikota Tangerang saya sempat mengambil foto Masjid Raya Al A’zhom lagi, memperlihatkan menara dan kubah tumpuknya yang unik.

masjid raya al a'zhom tangerang

Author : . Updated :
Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Pejalan musiman yang senang tempat bersejarah dan panorama elok.

Kirim ke: Facebook, Twitter, WhatsApp, Email. Subscribe. .

Versi Mobile | Kembali ke atas