Masjid Merah Panjunan 7/7

Yang menarik pada pilar Masjid Merah Panjunan adalah bentuk pilar bulat dengan umpak yang juga berbentuk bulat hanya terdapat di baris depan, yang tampaknya berfungsi sebagai Soko Guru, yang pada kebanyakan bangunan tradisional lain diletakkan dalam posisi segi empat. Pilar kayu lainnya berbentuk segi empat sebagaimana bentuk umpaknya.

masjid merah panjunan cirebon

Seorang jamaah tampak tengah melakukan rukuk di mihrab Masjid Merah Panjunan. Di Masjid Merah Panjunan ini tidak ada mimbar, karenanya hanya digunakan untuk sholat sehari-hari, tidak untuk ibadah sholat Jumat, tidak pula untuk sholat berjamaah di Hari Raya Islam. Dilihat dari kapasitasnya mungkin sudah bisa untuk shalat Jumat karena sepertinya bisa menampung sedikitnya 40 orang jamaah.

masjid merah panjunan cirebon

Beduk dan kentongan Masjid Merah Panjunan yang terletak di sebelah kiri ruangan, bersebelahan dengan sebuah makam yang tidak diketahui siapa penghuninya. Sebuah papan berisi peringatan untuk memelihara situs Masjid Merah Panjunan dan ancaman hukuman bagi yang melanggarnya terlihat tergeletak menempel ke tembok. Ini karena beberapa keramik pada dinding Masjid Merah Panjunan pernah hilang dicongkel orang.

masjid merah panjunan cirebon

Penampakan pada bagian dalam gapura candi bentar yang umumnya memang dibuat hampir sama dengan di bagian depannya. Sekali lagi, jika berkunjung ke Masjid Merah Panjunan, jangan lupa untuk mampir ke Mie Koclok yang berada tak jauh dari masjid. Semoga masih buka dan rasanya masih sesedap saat kami datang ke sana.

masjid merah panjunan cirebon

« Sebelumnya | kembali ke tulisan