Masjid Al Barkah Jakarta Selatan

Lokasi Masjid Al Barkah Jakarta berada di tusuk sate pertigaan Jalan Kemang Utara dan Jalan Kemang Timur, Jakarta Selatan, dengan atap limasan tumpang menyerupai atap Masjid Demak.

Masjid Jami Al Barkah didirikan pada 1818 oleh Guru Sinin asal Banten yang meninggal pada 1920 dan makamnya ada di sebelah Barat masjid.

Bangunan Masjid Al Barkah yang sekarang sudah merupakan bangunan hasil pemugaran. Bangunan aslinya beratapkan rumbia dengan tiang penyangga dari batang kelapa berdinding papan, dibanguan di atas urukan tanah yang sebelumnya merupakan rawa berkedalaman satu meter.

Pada 1932 dilakukan pemugaran masjid dan telah dibuat permanen dengan tembok bata dan atap genteng. Pemugaran berikutnya dilakukan pada 1935, 1950, 1960 dan 1970 yang merubah bentuk fisik dan luas bangunan, namun atap limasan tumpang tetap dipertahankan. Menara setinggi sekitar 15 meter juga dibangun di depan masjid.

Pemugaran tahun 1985 merubah penampilan Masjid Al Barkah menjadi lebih berkelas dengan pemasangan keramik pada lantai dan eternit di langit-langit.

Selain makam Guru Sinin, di sebelah Barat masjid ada pula ada makam menantu dan cucu Guru Sinin, KH.Ridi (wafat 1933) dan KH Naisin yang konon wafat di usia 132 tahun.

Masjid Al Barkah Jakarta

Alamat : Jl Kemang Utara, Kelurahan Bangka, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.
Lokasi GPS : -6.257941, 106.822984, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Rujukan : Hotel di Jakarta Selatan, Hotel Melati di Jakarta Selatan, Peta Wisata Jakarta, Rute Lengkap Jalur Busway TransJakarta, Tempat Wisata di Jakarta, Tempat Wisata di Jakarta Selatan.

Author : . Updated :
Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Pejalan musiman yang senang tempat bersejarah dan panorama elok.

Kirim ke: Facebook, Twitter, WhatsApp, Email. Subscribe. .

Versi Mobile | Kembali ke atas