Makam Ratu Kalinyamat Mantingan 5/9

Prasasti pemugaran masjid dan Makam Mantingan yang diresmikan oleh DR. Daoed Joesoef, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI waktu itu, pada 10 Desember 1982.

makam ratu kalinyamat mantingan jepara

Tembok depan kompleks Makam Ratu Kalinyamat dan Sultan Hadlirin terbuat dari bata dengan gaya dari jaman Kerajaan Majapahit, dengan gapura candi bentar di akses masuknya. Candi bentar adalah dua candi serupa dan sebangun yang merupakan simetri cermin, tanpa penghubung di bagian atas, hanya terhubung dibagian dasarnya saja.

makam ratu kalinyamat mantingan jepara

Gapura Paduraksa yang memisahkan bagian tengah kompleks makam dengan cungkup makam. Gapura ini juga sepenuhnya terbuat dari susunan bata merah, yang menjadi ciri gaya bangunan di jaman Majapahit. Pada foto sebelah kiri bawah terlihat adanya jaladwara yang merupakan batu saluran air untuk bersuci.

makam ratu kalinyamat mantingan jepara

Pandangan lebih dekat pada gapura paduraksa yang memperlihatkan sejumlah ornamen berbentuk bebungaan dan sejumlah bentuk lainnya, dan ada pula tanda plus (+). Di area tengah ini terdapat cukup banyak makam, yang rata-rata sudah terlihat sangat tua.

makam ratu kalinyamat mantingan jepara

« Sebelumnya | Selanjutnya » | kembali ke tulisan