Makam Panembahan Kalibening 6/7

Cungkup Makam Panembahan Kalibening juga terlihat sudah renta dan terkesan agak kumuh. Jika saja tembok tempat menempel tulisan “Mbah Kalibening” itu dibongkar dan dibuat pendopo terbuka, sengnya diganti sirap, dan tiang-tiangnya ditegakkan dengan baik, cungkup ini akan terlihat jauh lebih cantik karena bangunan utamanya sudah cukup bagus, hanya perlu dicat ulang.

makam panembahan kalibening banyumas

Ki Ardja Semita yang berkopiah dan berbaju batik tampak duduk bersila di teras di depan pintu makam Panembahan Kalibening atau Ki Langlanggati, yang gembok pintunya baru saja ia buka. Panjat doa pun mengalir dari mulutnya, yang kami amini. Di sebelah kiri terdapat tulisan yang berbunyi "Tempat berdoa dan mujahadah". Mujahadah bisa diartikan sebaga mencurahkan segala kemampuan untuk mencapai sesuatu.

makam panembahan kalibening banyumas

Bangunan inti cungkup Makam Panembahan Kalibening itu sebenarnya cukup cantik. Akan terlihat lebih elok dan angguna jika saja dilakukan pengecatan ulang dengan kualitas pengecatan yang baik, tiang-tiangnya diganti dan diberi umpak yang baik, serta keramik lantainya diganti dengan kualitas yang lebih baik dan harmonis dengan cungkupnya. Ada baiknya atapnya juga ditinggikan.

makam panembahan kalibening banyumas

Di atas pintu masuk ke dalam cungkup makam yang telah digembok lagi oleh kuncen itu terdapat sebilah papan dengan relief huruf Jawa dan di bawahnya ada lagi tulisan Arab gundul. Tak bisa saya membaca kedua tulisan itu. Hanya tulisan di sebelah kanannya yang berbunyi "Dilarang Tidur Di Sini" yang bisa saya baca...

makam panembahan kalibening banyumas

Pendopo di depan cungkup Makam Panembahan Kalibening yang sekaligus berfungsi sebagai musholla untuk para peziarah untuk sholat dan beristirahat. Pendopo yang terlihat sudah tua dan ringkih atapnya ini mudah-mudahan sudah diperbaiki menjadi jauh lebih baik ketika anda berkunjung ke sana. Mungkin karena hawa di sini sangat dingin pada malam hari, sehingga ketiga sisi pendopo ini tertutup rapat.

makam panembahan kalibening banyumas

« Sebelumnya | Selanjutnya » | kembali ke tulisan