Makam Aroeng Binang Kebejen 5/10

Tengara pada badan pilar pagar sebelah kanan Makam Aroeng Binang yang dibuat oleh Paguyuban Trah Aroeng Binang (PATRAB) pada 1990. Pilar kiri kanan itu bagian atasnya dibuat susun tiga dengan puncaknya berbentuk kuncup bunga.

makam aroeng binang kebejen kebumen

Di dalam ruangan ini, selain makam Aroeng Binang I dan garwo padmi di dalam kelambu, ada pula makam tiga garwo ampeyan Aroeng Binang I, makam R.Ngb. Kyai Abdulsalam dan istri, makam R.Ngb. Kyai Abdulsalam Timur dan istri.

makam aroeng binang kebejen kebumen

Ki Taryono adalah sepupu Ki Tukiman, kuncen sebelumnya. Kuncen sebelumnya lagi adalah Mad Rusman, ayah Ki Tukiman. Dahulu ada empat orang yang mengurus Makam Aroeng Binang, namun sekarang tinggal Ki Taryono seorang diri.

makam aroeng binang kebejen kebumen

Dua balok kayu berukir di kiri kanan pintu masuk ke dalam ruangan Makam Aroeng Binang I adalah belandar Pendopo Kabupaten Kebumen asli yang dibangun oleh Aroeng Binang IV, dengan Chandra Sangkala "Adeging Soko Guru Sinengkalan Koyo Hobah Suwaraning Uwong". Koyo = 3, Hobah = 6, Suwaraning = 7, Uwong 1, dan dibaca dari belakang 1763 Jawa, atau 1835 Masehi.

makam aroeng binang kebejen kebumen

Pandangan ke arah halaman depan Makam Aroeng Binang. Diantara kubur yang ada di halaman adalah makam Kyai dan Nyai Tobrani (prajurit Aroeng Binang I) dan makam Madrusman (juru kunci).

makam aroeng binang kebejen kebumen

« Sebelumnya | Selanjutnya » | kembali ke tulisan

Posting Komentar