Foto Vihara Amurva Bhumi 1

Arca naga yang digambarkan tengah berebut mustika matahari. Ukiran naga dan ornamen lainnya dibuat dengan detail yang sangat baik dan elok. Sejumlah batang hio tampak menancap pada Hiolo Thian di tengah bangunan.

vihara amurva bhumi jakarta

Struktur bangunan di halaman depan Vihara Amurva Bhumi yang berbentuk Pat-Kwa segi delapan yang khas dengan ukiran naga yang elok di setiap pilar penyangga atapnya. Di dalam bangunan segi delapan itu terdapat Hiolo Thian untuk meletakkan hio setelah menyembah Dewa Langit.

vihara amurva bhumi jakarta

Pandangan samping bagian muka Vihara Amurva Bhumi yang memperlihatkan sepasang Singa penjaga (Ciok Say) di halaman vihara. Singa betina biasanya digambarkan tengah bermain dengan anaknya, sedangkan singa jantan salah satu kakinya tengah bermain bola. Penyangga teras juga dihiasi arca naga yang melilit tiang-tiangnya.

vihara amurva bhumi jakarta

Hiolo Thian atau Hiolo Thi Kong adalah hiolo yang digunakan untuk menancapkan batang hio setelah digunakan untuk bersembahyang kepada Dewa Langit atau Tuhan YME. Hiolo Thian biasanya berkaki tiga, dan diletakkan di depan kelenteng. Umumnya di kelenteng tidak ada altar untuk menyembah Thian, hanya ada hiolo-nya saja. Namun di Taiwan kabarnya banyak kelenteng yang memiliki altar Thian di dalam ruangannya.

vihara amurva bhumi jakarta

Ruangan dimana diletakkan patung-patung Budha dan pohon Bodhi. Vihara Amurva Bhumi adalah kelenteng Tri Dharma bagi penganut agama Buddha, Konghucu, dan Tao.

vihara amurva bhumi jakarta

©2020 aroengBinang