Foto Monumen Nasional 1

Saat itu antrian pengunjung terlihat menaga, karena besar dan panjangnya, di bawah cawan Tugu Monumen Nasional untuk masuk ke dalam lift yang akan membawa ke dek pandang di puncak tugu. Kami sempat mengantri selama beberapa menit, sebelum memutuskan untuk pergi karena lambatnya laju antrian. Jika ingin naik memang harus datang pagi-pagi, dan jangan mampir kemana-mana dulu. Di dalam cawan Monumen Nasional terdapat ruang berbentuk amphitheater yang disebut Ruang Kemerdekaan.

tugu monumen nasional monas jakarta

Relief Sejarah Indonesia mengelilingi halaman pelataran Tugu Monumen Nasional Jakarta, dari jaman kerajaan Nusantara hingga era kemerdekaan. Ada Kerajaan Singasari yang dibuat Ken Arok pada tahun 1222, dan Kerajaan Majapahit dengan patung Maha Patih Gajah Mada.

tugu monumen nasional monas jakarta

Tugu Monumen Nasional dari jarak dekat dengan bokor beton besar berhias relief Garuda Wisnu. Fondasi Tugu Monas selesai bulan Maret 1962. Dinding museum selesai Oktober, dan tugu Lingga selesai pada Agustus 1963. Konsep Lingga Yoni gagasan Presiden Soekarno ini lebih membumi ketimbang gagasan Monumen Simpang Lima Gumul. Tugu Monas juga lambang Alu - Lesung.

tugu monumen nasional monas jakarta

Salah satu dari empat jalan lebar yang menuju ke arah Tugu Monumen Nasional yang disebut Jalan Silang Monas Tenggara. Di sebelah kanan jalan ini adalah Stasiun Gambir.

tugu monumen nasional monas jakarta

Jika sekarang dilihat dengan citra satelit, di tengah Jalan Silang Monas Tenggara ini ada median yang ditanami dengan rumput, dan demikian pula dengan jalan silang Monas di tiga pojok lainnya. Lebar jalan ini tak kurang dari 50 meter.

tugu monumen nasional monas jakarta

©2020 aroengBinang