Foto Setu Babakan 1

aroengbinang.com - Dermaga Sepeda Air bagi yang ingin menikmati suasana Setu Babakan dari atas danau. Meskipun tak ada larangan berenang, namun jangan coba-coba berenang. Di tahun 2009 sebanyak 11 orang tewas tenggelam di danau berkedalaman 1-5 meter ini. Sebagian terseret arus, dan sebagian lagi tenggelam karena kurang bisa berenang.

setu babakan jakarta selatan

Seorang gadis tengah memotret di Rumah Adat Betawi. Di kompleks ini ada tiga rumah Betawi. Ada Rumah Gudang atau Kandang, Rumah Betawi Kebaya atau Bapang, dan satu lagi Rumah Joglo. Beragam pohon buah-buahan juga bisa ditemui di kompleks ini, seperti buah Kecapi, Jamblang, Krendang, Guni, Nangka Cimpedak, Nam-nam, dan Jengkol.

setu babakan jakarta selatan

Di sebelah Gerbang Bang Pitung terdapat sebuah rumah adat Betawi berukuran kecil yang disebut Rumah Gudang. Kekhasan rumah Betawi adalah pada hiasan pada lisplank terbuat kayu yang diukir dengan ornamen segitiga berjajar yang disebut 'gigi balang'.

setu babakan jakarta selatan

Masih di dekat Gerbang Bang Pitung ada rumah dengan sedikit ornamen Betawi dan spanduk tengara nama sebagai tempat penyewaan dan penjualan busana Betawi, seperti Abang, None, Encim, Demang, Sadariah, Silat, Tari, dan Batik.

setu babakan jakarta selatan

Penjual makanan khas Betawi Pa'Tegar yang memakai nama anaknya sebagai nama warung. Tempatnya cukup nyaman, dan kerak telornya menawarkan cukup banyak variasi. Jenis yang saya makan rasanya enak, jauh lebih enak ketimbang yang pernah saya makan di Kemayoran.

setu babakan jakarta selatan