Foto Patung Selamat Datang

Penampakan Patung Selamat Datang Jakarta pada sebuah malam, jauh sebelum pembangunan MRT mulai dikerjakan. Adalah sebuah tim bernama Keluarga Arca pimpinan Edhi Sunarso, pematung jebolan ASRI kelahiran Salatiga 2 Juli 1933, yang mengerjakan Patung Selamat Datang yang legendaris ini.



Kolam air mancur yang elok di bawah Patung Selamat Datang adalah merupakan hasil pekerjaan renovasi pada 2002 yang kabarnya menelan biaya Rp 14 miliar, sebuah angka yang fantastis. Ada lima variasi pancaran air mancur yang dijalankan dengan program komputer sebagai perlambang jumlah lima sila pada Pancasila.



Yang membuat Patung Selamat Datang menjadi sangat terkenal tampaknya adalah karena lokasinya yang berada di Bundaran Hotel Indonesia (HI), yang sering menjadi pusat kegiatan keramaian (belakangan menjadi tempat favorit para pendemo untuk mendapat perhatian media), juga karena sejarah patung ini yang telah lama menjadi salah satu ikon utama Kota Jakarta, serta adanya kolam air mancur yang elok di bawahnya.



Jika tidak ingin mengeluarkan sepeser uang pun untuk menikmati pemandangan Patung Selamat Datang Jakarta serta tarian air mancurnya, pejalan bisa duduk-duduk di tepian jalan di depan Plaza Indonesia. Cara yang lebih berkelas untuk menikmati suasana di sekitaran patung adalah duduk minum kopi sambil mengudap makanan ringan di sebuah kafe di dalam gedung Plaza Indonesia yang lokasinya langsung menghadap ke arah patung. Selalu ada pilihan untuk menikmati sesuatu, tinggal soal selera dan kekuatan kantung.



Penampakan lain dari Patung Selamat Datang dengan nuansa seolah hening di sekellingnya, padahal tidak, meski waktu itu lalu lintas belum sepadat sekarang. Selain itu pembangunan jalur MRT telah mengubah lanskap di sekitar bundara HI ini.



Pemandangan di siang hari di sekitar bundaran Patung Selamat Datang. Karena kota bisa dan akan berubah, foto dokumentasi seperti ini bisa memberi gambaran tentang suasana pada suatu masa tertentu, ketika suatu perubahan belum lagi terjadi.



Pemandangan di bundaran Hotel Indonesia dimana Patung Selamat Datang, suatu pemandangan yang nyaris mustahil terlihat saat sekarang ini.



©2021 Ikuti

Traktir aku secangkir kopi, atau bacakan doa buat mereka yang membuat hidup lebih baik.