Foto Museum Tionghoa 1

aroengbinang.com - Bagian Museum Tionghoa Indonesia TMII Jakarta yang memajang foto hitam putih keturunan Tionghoa yang berkontribusi di banyak bidang kehidupan dimana mereka tinggal. Pada latar merah putih itu tertulis "Indonesia Kepadamu Kami Berbakti", dengan lambang Garuda Pancasila berwarna keemasan, dan Gunungan wayang Jawa cantik di tengahnya.

museum tionghoa indonesia tmii jakarta

Panggung pertunjukan Wayang Potehi di Museum Tionghoa Indonesia TMII, di area yang berisi koleksi benda budaya, adat, seni, hingga kuliner Tionghoa. Jenis wayang tradisional ini menampilkan kisah Tiongkok klasik yang sesekali disisipi pantun dalam bahasa Jawa.

museum tionghoa indonesia tmii jakarta

Peta demografi Suku-Suku di Tiongkok Selatan, yang terdiri dari Hokkien, Kanton, Hakka, Teochiu, Kwongsai, Hokchiu, Hokchia, dan Henghua.

museum tionghoa indonesia tmii jakarta

Pajangan sejumlah keramik dari jaman Dinasti Tang, Dinasti Lima, dan Dinasti Sung Utara. Ada pula keramik dari jaman Dinasti Ching, Dinasti Yuan, dan Dinasti Ming.

museum tionghoa indonesia tmii jakarta

Sebuah peta yang memperlihatkan daerah permukiman orang-orang Tionghoa di Nusantara pada masa awal kedatangan mereka, yaitu Medan, Bagan Siapi-api, Padang, Palembang, Bangka, Belitung, Batavia, Surabaya, Pontianak, Samarinda, Banjarmasin, Makassar, dan Manado.

museum tionghoa indonesia tmii jakarta

Sebuah lukisan yang menggambarkan salah satu kapal dari Armada Cheng Ho. Ada pula pajangan lukisan kapal layar Tiongkok pada jaman dahulu yang dikenal sebagai jung.