Foto Museum Satriamandala 1

Kami sempat melihat salah satu mitraliur koleksi Museum Satriamandala Jakarta, yang meskipun tanpa peluru dan tak lagi digunakan namun masih tampak garang. Di dekatnya terdapat sejumlah koleksi senjata tempur lainnya berupa senapan mesin, pelontar granat, meriam lapangan, dan persenjataan militer lainnya. Beberapa persenjataan berat milik TNI juga disimpan di museum ini.

museum satriamandala jakarta

Sebuah tank ringan yang masih tampak garang dan dalam kondisi cukup baik bisa dijumpai di area pamer luar Museum Satriamandala Jakarta. Ada pula Tank Amfibi dan kendaraan pengangkut pasukan yang pernah digunakan korps marinir dalam Operasi Trikora dan penumpasan G30S-PKI. Juga tubuh yang panjang dan garang dari kendaraan tempur PANSROD BTR 152.

museum satriamandala jakarta

Pemandangan pada deretan diorma Diorama yang berada di dalam gedung Museum Satria Mandala. Diorama itu merupakan karya Edhi Sunarso, pematung lulusan ASRI 1955 kelahiran Salatiga, yang juga membuat sejumlah patung yang menjadi landmark terkenal Kota Jakarta.

museum satriamandala jakarta

Diorama Museum Satria Mandala yang menggambarkan badan-badan perjuangan bersenjata dalam periode perang kemerdekaan RI. Badan Keamanan Rakyat dibentuk dari Laskar Rakyat, PETA, dan KNIL. BKR kemudian menjadi Tentara Keamanan Rakyat pada tangal 5 Oktober 1945.

museum satriamandala jakarta

Kursi tandu bersejarah di Museum Satria Mandala yang dipakai mebawa Jenderal Soedirman saat memimpin perang gerilya melawan tentara pendudukan Belanda dalam agresi militer mereka ke wilayah RI.

museum satriamandala jakarta

©2020 aroengBinang