Galeri Museum Hakka 1

aroengbinang.com - Ruang pamer Museum Hakka Indonesia TMII Jakarta berupa ruang keluarga Hakka. Menempel di dinding tiga poster besar, dan di atas bufet ada patung Fu Lu Shou, tiga dewa yang melambangkan Keberuntungan (Fu), Kekayaan (Lu), dan Umur Panjang (Shou).

museum hakka indonesia tmii jakarta

Penampakan pada bagian awal Museum Hakka Yongding Indonesia, dengan pajangan keramik yang biasa dipakai di toko obat, di belakangnya adalah contoh-contoh bagian tumbuhan yang dijadikan sebagai bahan jamu tradisional Tionghoa, dan di belakang sana ada poster tokoh Hakka Yongding seperti Hendra Joewono pendiri pabrik farmasi Henson Farma dan Hendra B. Sjarifudin pendiri PT Kenari Djaja.

museum hakka indonesia tmii jakarta

Plakat yang menempel pada dinding keramik di seberang meja penjaga / penerima tamu lantai satu Museum Hakka Indonesia TMII, memberi penjelasan tentang tiga karakter besar yang menempel pada dinding itu.

museum hakka indonesia tmii jakarta

Piktograf yang terdiri dari tiga karakter itu, dibaca "Ngai" yang berarti "Aku". Di bawahnya adalah prasasti peresmian yang ditandatangani oleh SBY. Di belakang dinding ini adalah aula bundar di lantai satu.

museum hakka indonesia tmii jakarta

Sebagian dari nama-nama marga Tionghoa pada dinding sebelah kiri yang disusun sedemikan rupa dalam bentuk syair sehingga enak dibaca dan mudah diingat. Sebelah kiri adalah meja penerima tamu dimana pengunjung mengisi buku tamu dan menuliskan kesan pesannya.

museum hakka indonesia tmii jakarta