Foto Masjid Istiqlal

Dari sebuah titik di selasar masjid, terlihat Menara Masjid Istiqlal yang tingginya 96,66 meter. Lokasi menara masjid berada di sebelah kiri bangunan utama, dengan Tugu Monumen Nasional (Monas) tampak di latar belakang. Masjid Istiqal Jakarta lokasinya memang sangat dekat dengan Monas dan Istana Presiden.



Ruang utama masjid Istiqlal berbentuk segi empat berukuran besar dengan lantai berlapis karpet, sekaligus penanda shaf. Mihrab, sebuah lubang pada dinding depan yang menunjukkan arah kiblat (Mekah), dan mimbar dimana khotib berdiri memberikan khotbahnya, berada di bagian tengah dinding utama depan masjid.



Kubah Masjid Istiqlal Jakarta dengan ornamen elok dan kaligrafi di tepian lingkarnya. Lampu kristal di bagian tengah juga terlihat sangat elok, sangat serasi dengan garis dan warna ornamen pada langit-langit.



Selasar Masjid Istiqlal yang nyaman dan senyap, bisa buat ibadah dan istirahat sejenak.



Bagian dalam kubah Masjid Istiqlal yang indah, dengan kaligrafi aksara Arab di tepian lingkarnya. Lampu kristal di tengahnya pun sangat elok, sesuai garis dan warna ornamen pada langitan di latar belakang.



Pada dinding kanan Masjid Istiqlal ada kaligrafi "Allah", pada dinding kiri "Muhammad", dan Surah Thaha di tengah dinding.



Kubah masjid disangga 12 pilar yang dilapis pelat alumunium, lambang 12 Rabiul Awwal yang merupakan hari lahir Nabi Muhammad SAW.



Pilar kubah yang kokoh dan cantik. Kubah masjid berdiameter 45 meter, yang tahun 1945 atau tahun proklamasi kemerdekaan. Di kemuncak dipasang bulan sabit bintang dari baja antikarat.



Pandangan yang memperlihatkan pilar penyangga kubah dan langitan ruang. Selain mereka yang meluruskan punggung sehabis shalat, banyak pula yang duduk berdzikir atau membaca Al Quran.



Selasar Masjid Istiqlal memang enak untuk sejenak rehat. Seluruh koridor Masjid Istiqlal menampung sekitar 81.000 jamaah.



Menara marmer Masjid Istiqlal yang tingginya 66,66 meter melambangkan jumlah ayat Al Qur'an, ditambah tinggi kemuncak baja setinggi 30 meter melambangkan jumlah juz, sehingga tinggi keseluruhan menara adalah 96,66 meter dengan diameter terbesar 5 meter.



Gereja Katedral Jakarta di arah timur laut Masjid Istiqlal. Kedekatan kedua bangunan ini sering dipakai sebagai lambang kerukunan umat beragama.



Tengara nama Masjid Istiqlal yang ada di sisi Timur.



Keindahan ruang utama Masjid Istiqlal dilihat dari sudut ruangan.



©2021 Ikuti

Traktir aku secangkir kopi, atau bacakan doa buat mereka yang membuat hidup lebih baik.