Foto Masjid Hidayatullah

Pandangan pada bangunan utama yang memperlihatkan dua buah menara kembar Masjid Hidayatullah Jakarta yang bentuknya berbeda dengan bentuk menara pada umumnya, dan tampaknya dipengaruhi oleh gaya arsitektur bangunan Hindu dan Tionghoa. Menara ini masih tampak cantik dan sedap dipandang.



Dilihat dari pojok ruangan utama ke arah mihrab akan terlihat relung dengan lengkung kembar di tengahnya, sebelah kiri untuk imam, dan sebelah kanan ada mimbar kayu yang biasa dipakai khatib ketika memberikan khotbah salat Jumat. Sedangkan pada dinding bagian atas terdapat tulisan Arab berisi petikan ayat suci Al Quran.



Sudut pandang pada pilar kayu masjid dengan ukiran dan tulisan Arab berbunyi "Allahu Akbar". Lampu gantung antik dan lampu kipas juga terlihat pada foto ini. Meskipun artistik, struktur kayu memang mempunyai umur yang terbatas.



Kompleks pekuburan di samping kiri masjid ini sangat sejuk dan elok di mata karena rerumputannya yang subur dan rapi.



Susunan kayu yang membentuk kisi-kisi mendatar pada bagian dalam pusat atap masjid terlihat rapi dan menambah keelokan dalaman ruangan. Di setiap pojokan menggantung lampu antik, serta ada pula lampu hias yang digabung dengan kipas angin.



Struktur kayu di langit-langit masjid yang terlihat rapih dan klasik.



Sisi sebelah kanan ruangan utama masjid yang mengarah ke mihrab. Bagian mihrab adalah biasanya menjadi bagian yang menunjukkan arah kiblat atau arah ke Ka'bah di Mekah. Jam lemari antik tampak diletakkan di kedua pojok ruang utama ini.



Ruang utama masjid di sisi sebelah kiri dengan pintu keluar ke arah area makam yang asri. Foto ini memperlihatkan jumlah pilar kayu jati yang menyangga atap utama masjid.



©2021 Ikuti

Traktir aku secangkir kopi, atau bacakan doa buat mereka yang membuat hidup lebih baik.