Foto Masjid Assalafiyah 1

Papan tengara tanah wakaf Masjid Assalafiyah serta status Cagar Budaya yang berada di sisi kiri lorong, menutupi sebagian pandangan ke arah Makam Pangeran Jayakarta yang berada di belakang sana, di bawah cungkup tanpa dinding, di bawah sebuah pohon beringin yang sangat besar. Beberapa makam adalah makam baru, tidak sebagaimana di kompleks Makam Pangeran Sanghyang yang semuanya merupakan makam tua.

masjid assalafiyah jatinegara kaum

Pemandangan bagian dalam masjid, arah ke mihrab, membelakangi area yang diperuntukkan bagi wanita. Pintu masuk masjid berada di sebelah kiri.

masjid assalafiyah jatinegara kaum

Kaca-kaca patri menghiasi pintu-pintu dan jendela masjid, yang merupakan sumber utama pencahayaan ruangan saat siang, lantaran bagian atas ruangan praktis tertutup beton, menyisakan sedikit lubang segi empat pada bawah cungkup masjid.

masjid assalafiyah jatinegara kaum

Bagian dalam cungkup Masjid Assalafiyah, dengan kaca-kaca patri di keempat sisinya, dan lampu gantung kristal berisi 12 lampu kecil dan sebuah lampu besar di bagian tengah.

masjid assalafiyah jatinegara kaum

Pilar-pilar Masjid Assalafiyah yang terbuat dari beton dan kayu jati. Bahan dari kayu terlihat lebih klasik dan anggun, namun memang ada umurnya, kecuali jika sudah diolah agar tahan cuaca dan tak digerogoti ngengat dan rayap.

masjid assalafiyah jatinegara kaum

©2020 aroengBinang