Foto Istana Boneka 1

Segmen Istana Boneka Dufan yang menggambarkan ragam satwa dan budaya suku Papua. Ada boneka burung Cenderawasih bertengger di atas rumah yang berbentuk seperti pelor beratap susun konsentris, boneka laki-laki dan wanita yang memakai pakaian adat Papua, patung Asmat, dan ragam ornamen khas propinsi di ujung Timur Indonesia ini.

istana boneka dufan ancol

Sudut pandangan lainnya pada area sekitaran Istana Boneka Dufan ketika senja mulai jatuh, langit mulai temaram, dan lampu-lampu mulai menyala. Jika akhir pekan pengunjung masih bisa menikmati kebanyakan wahana di sini hingga pukul 8 malam.

istana boneka dufan ancol

Di sebelah kiri dan kanan kanal itulah instalasi boneka animatronik dipasang, lengkap dengan pakaian adat, satwa khas dari daerah itu, bangunan dan ornamen khas lainnya yang membedakan daerah itu dengan daerah lainnya di Indonesia. Di sebelah kiri adalah Istana Boneka dari Pulau Kalimantan, sedangkan di sebelah kanan dari daerah Sulawesi.

istana boneka dufan ancol

Di sebelah kanan ada kerbau dengan tanduk khas melengkung ke atas, dan seekor babi celeng berukuran besar, yang dipasang beberapa meter sebelum instalasi boneka dengan pakaian adat dan ornamen dari daerah Sulawesi. Jarak instalasi di kiri dan kanan sering sangat dekat sehingga membuat kadang ada instalasi yang terlewat atau tak bisa melihatnya secara utuh.

istana boneka dufan ancol

Di sebelah kanan ada sekumpulan wanita menggunakan ikat kepala terbuat dari kain tenun dan ada pula yang tengah memukul semacam jimbe. Ada pula wanita yang memakai kain dengan cara diikat. Tak ingat lagi saya darimana ini daearahnya, mungkin Nusa Tenggara. Sementara agak jauh di sebelah kiri ada boneka pria dengan pakaian ada Jawa dan sikap khas Jawa pula.

istana boneka dufan ancol

©2020 aroengBinang