Foto Gereja Immanuel 1

aroengbinang.com - Ruang utama Gereja Immanuel Jakarta dilihat dari area di bawah orgel. Pada dinding kiri kanan di belakang Olyve dan Alex, terdapat pigura-pigura panjang besar yang berisi daftar nama pemimpin jemaat serta tahun pelayanannya. Salah satunya Nicolaus Molinaeus yang memimpin jemaat Portugis pada 1633.

Ia adalah salah satu dari 12 pelajar sekolah agama di Belanda yang mendapat beasiswa dan sebagai imbalannya diwajibkan untuk melayani jemaat Portugis di Batavia selama dua kali masa didiknya. Beberapa saat berikutnya kami berjalan bersama-sama menyeberangi tengah ruangan menuju tangga melingkar di bawah balkon orgel dengan bonggol pegangan di ujung bawah tangga.

Tangga yang keseluruhannya terbuat dari kayu ini masih terbilang baik kondisinya dan tidak ada kekhawatiran untuk menapakinya, meski tetap harus hati-hati.

orgel gereja immanuel jakarta pusat

Orgel indah yang masih berfungsi mengiringi acara kebaktian gereja itu dibuat tahun 1843 oleh Jonathan Batz di Utrecht, Belanda. Pada 1985, orgel Gereja Immanuel Jakarta ini dibongkar untuk dibersihkan. Hal menarik lainnya adalah balkon tempat duduk jemaat yang membelah dinding melingkar Gereja Immanuel Jakarta menjadi dua bagian sama besar.

orgel gereja immanuel jakarta pusat

Pigura-pigura panjang besar yang terlihat telah berumur tua menempel pada dinding tinggi di susu samping dan belakang mimbar yang berisi daftar nama-nama pemimpin jemaat serta tahun pelayanannya.

gereja immanuel jakarta pusat

Nama paling atas adalah Nicolaus Molinaeus yang memimpin jemaat Portugis pada tahun 1633. Ia adalah salah satu dari 12 pelajar sekolah agama di Belanda yang mendapat beasiswa dan sebagai imbalannya diwajibkan untuk melayani jemaat Portugis di Batavia selama dua kali masa didiknya.

nicolaus molinaeus gereja immanuel jakarta pusat

Daftar para pendeta Gereja Injili yang mulai ada sejak 1855 dengan JGG Bierhaus hingga tahun 1951 dengan R Ploeger. Dalam setahun bisa ada beberapa orang yang tercantum pada daftar, namun tidak setiap tahun berganti orang juga.

gereja immanuel jakarta pusat